Workshop Intermediate OpenStreetMap di Lembang, Bandung

Pelatihan lanjutan OpenStreetMap dalam rangkaian menyusun rencana kontigensi pada enam provinsi mulai dilaksanakan. Pertama kali pelatihan lanjutan dilaksanakan di Lembang, Bandung. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 26 – 28 November 2012 di Grand Hotel Lembang yang dihadiri oleh 18 peserta yang sebagian berasal dari peserta yang telah mengikuti pelatihan tingkat awal (begginner) OpenStreetMap. Peserta merupakan perwakilan dari 15 BPBD Provinsi & Kabupaten, Dinas Kesehatan, LIPI, IOM, PMI, Forum PRB serta Wanadri yang ada di Provinsi Jawa Barat.
Ada beberapa materi yang diberikan yaitu untuk memperbaiki data OpenStreetMap yang sudah dikumpulkan meliputi Pergeseran Citra Satelit, Editing lebih Detail, dan Menjamin Kualitas data. Juga materi baru meliputi SDS Plugin, XML Preset, dan Wiki OpenStreetMap.
Pada hari pertama pelatihan jumlah peserta yang hadir sangat sedikit karena beberapa peserta banyak yang terlibat dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayah mereka masing-masing. Tetapi peserta yang hadir tampak sangat antusias untuk mengikuti training hari pertama. Di hari pertama para peserta diingatkan kembali (review) mengenai materi-materi yang telah diajarkan pada saat pelatihan Beginner, lalu dilanjutkan dengan materi pergeseran citra satelit yang berguna untuk memperbaiki citra satelit (Bing) yang mengalami pergeseran, materi editing lebih detail untuk mengenal lebih lanjut beberapa tools yang ada di dalam JOSM, dan ditutup dengan materi menjamin kualitas agar data OpenStreetMap lebih akurat untuk digunakan.
Kemudian hari kedua jumlah peseta semakin meningkat dan suasana pun menjadi seru dan bersemangat, tahapan materi yang diajarkan semakin sulit, Materi dilanjutkan dengan penyelesaian konflik, membuat XML preset yang membuat suasana semakin hidup dan peserta tampak antusias, dan menggunakan SDS Plugin dimana anda bisa memetakan hal-hal yang bersifat pribadi yang tidak diupload didalam OpenStreetMap.

suasana saat traning

Hari ketiga, peserta diperkenalkan oleh Wiki OpenStreetMap (www.wiki.openstreetmap.org) yang berisi semua informasi mengenai OpenStreetMap, peserta harus membuat akun untuk menggunakan wiki OpenStreetMap. Pelatihan ditutup dengan diskusi antar kelompok mengenai penerapan OpenStreetMap di masing-masing wilayah meliputi kebutuhan, kendala, dan harapan untuk OpenStreetMap.
Pada pelatihan kali ini tidak ada pengambilan data di lapangan, materi yang diajarkan 100% diadakan didalam ruangan, perbedaan lainnya kali ini pelatihan diselingi oleh Games yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini sangat efektif agar para peserta tidak merasa bosan, lebih akrab, dan mengasah kemampuan mereka. Kemudian para peserta juga diberikan kuis setiap hari yang berkaitan dengan materi yang diajarkan pada hari tersebut.

Foto bersama dengan Peserta Pelatihan Intermediate di Lembang, Bandung

Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.