Selamat datang di dunia OpenStreetMap!

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) didukung oleh DM Innovation (dahulu disebut Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) menyediakan seri panduan OpenStreetMap ini secara gratis! Mohon laporkan kepada kami apabila Anda mengeluarkan biaya untuk mendapatkan panduan ini. Perlu diketahui sekilas mengenai panduan ini:

Mengumpulkan Data Spasial dengan OpenStreetMap – Tingkat Dasar merupakan panduan langkah demi langkah yang dirancang untuk membantu siapapun untuk memulai OSM. Seri pertama ini mengajarkan Anda mulai cara mengumpulkan data untuk peta Anda hingga menambah serta mengubah informasi dalam peta OpenStreetMap!

Mengumpulkan Data Spasial dengan OpenStreetMap – Tingkat Menengah merupakan panduan langkah demi langkah yang dirancang untuk membantu siapapun yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam mengedit data di OSM. Panduan ini dibuat bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan teknis dalam mengedit data di OSM serta bagaimana melakukan validasi geometri untuk menghindari kesalahan-kesalahan umum yang terjadi pada saat andamelakukan proses editing.

Menganalisis Data dengan QGIS-InaSAFE – Tingkat Dasar Merupakan panduan  menganalisis data yang dirancang sedemikian rupa untuk melengkapi unit sebelumnya dalam  rangka  pengembangan  skenario  untuk rencana kontinjensi. Disini diajarkan bagaimana menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang mudah digunakan dan bersifat terbuka, Quantum GIS (QGIS). InaSAFE sebagai aplikasi yang dapat menghasilkan skenario dampak bencana alam yang realistis juga akan diulas disini.

Menganalisis Data dengan QGIS-InaSAFE – Tingkat Menengah merupakan pendalaman analisi dari modul sebelumnya. Disini kita akan mulai bekerja pada proyek  InaSAFE menggunakan data banjir sebagai hazard atau ancaman. Kita akan mempertimbangkan rute evakuasi terbaik dan lokasi untuk tempat pengungsian, menghitung kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan, dan belajar bagaimana menampilkannya pada peta.

Catatan:

Dokumen ini merupakan rancangan awal dan masih dalam tahap peninjauan oleh pihak-pihak sebagai berikut:

  1. Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT)
  2. Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR-AusAID)
  3. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Segala isi dan materi dalam dokumen ini kemungkinan besar masih dapat mengalami perubahan tanpa pemberitahuan publik.

Silahkan klik pada gambar kover depan yang Anda inginkan untuk mulai mendownload

Unit1_250px                        Unit2_250px
Unit3_250px                        Unit4_250px