Salah satu aspek terpenting dalam pemetaan adalah melakukan survei lapangan. Survei lapangan adalah suatu metode untuk menentukan posisi suatu objek berupa titik koordinat lintang dan bujur serta mengumpulkan berbagai informasi dari objek tersebut di lapangan. Misalnya kita melakukan survei dengan menentukan titik-titik lokasi sekolah di wilayah sekitar lingkungan kita dan mengumpulkan informasi dari sekolah tersebut seperti nama sekolah, jumlah murid, jumlah tingkat bangunan, dan informasi lainnya yang kita dapatkan dari objek tersebut. Dengan melakukan survei, kita dapat menyajikan data dan informasi secara akurat sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

Untuk melakukan survei dibutuhkan suatu alat untuk membantu dalam pengumpulan data dan informasi tersebut yaitu perangkat GPS dan kertas form survei. Kedua alat ini kita bawa selama melakukan survei lapangan. Untuk memudahkan kita dalam melakukan survei lapangan, Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia (HOT ID) meluncurkan suatu aplikasi mobile bernama Geo Data Collect (GDC) (GitHub). Geo Data Collect merupakan aplikasi mobile yang digunakan untuk membantu Anda dalam melakukan survei lapangan. Fungsi aplikasi ini merupakan gabungan antara GPS dan kertas form survei sehingga ketika kita ingin melakukan survei lapangan kita tidak perlu lagi membawa perangkat GPS dan kertas form survei tetapi kita hanya perlu menginstal aplikasi ini di smartphone kita dapat melakukan survei lapangan dengan mudah, cepat dan akurat.

Instalasi dan Konfigurasi Aplikasi Geo Data Collect

Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi Geo Data Collect yaitu :

  • Pastikan aplikasi Geo Data Collect sudah terinstal dan GPS sudah diaktifkan di smartphone Anda. Apabila Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya di Play Store pada smartphone Anda.
  • Kemudian buka aplikasi GDC, di halaman utama terdapat berbagai macam menu seperti tampilan di bawah ini.

337px-Main_Page_GDC

  • Sebelum memulai tracking, terlebih dahulu kita memasukkan form survei yang sudah kita buat ke dalam aplikasi dengan mengklik Get Blank Form. Sebagai contoh kami telah membuat tutorial cara membuat form survei online menggunakan website ona.io, Anda juga bisa membuat form survei online di website lainnya seperti Formhub, KoBo, Enketo, dll.
  • Kemudian klik pojok kanan atas untuk melakukan pengaturan, klik General Settings, klik Configure platform settings dan muncul halaman ODK Aggregate Settings.

337px-Configure_platform

  • Untuk memasukkan form survei yang sudah kita buat sebelumnya caranya dengan mengklik menu URL dan masukkan URL form surveinya di kolom Server URL, contohnyahttps://ona.io/adityo, kemudian klik OK.

Screenshot_2015-12-03-11-47-55

  • Setelah itu kembali ke halaman Get Blank Form, klik Refresh dan aplikasi ini akan terhubung ke server. Kemudian nama form survei akan muncul di halaman tersebut dan beri tanda centang.

Screenshot_2015-12-03-11-49-05

Memulai Aplikasi Geo Data Collect

  • Setelah form survei sudah masuk di aplikasi, saatnya kita memulai survei lapang dengan mengklik Start Tracking.

Screenshot_2015-11-19-15-28-38

  • Apabila muncul peringatan “Do you want continue your previous track?” klik Yes untuk melanjutkan track yang sudah ada sebelumnya, sedangkan klik No, Create a New Track untuk memulai track baru.

Screenshot_2015-11-17-10-52-14

  • Kemudian akan muncul halaman peta dimana kita dapat melihat posisi kita berada saat itu ditandai dengan simbol orang berwarna kuning. Pastikan sinyal GPS yang ditandai dengan bar sinyal di pojok kanan atas berwarna hijau supaya tingkat akurasi yang didapatkan lebih akurat. Semakin kecil angka akurasinya maka posisi yang didapatkan lebih akurat dan sesuai dengan posisi saat itu kita berada.
  • Untuk menandakan objek yang dipetakan dan mencatat semua informasi yang ada pada objek tersebut, kembali ke menu Fill Blank Form, kemudian pilih form survei yang sudah kita masukkan dan muncul halaman seperti di bawah ini.

Blank_form

  • Geser layar ke kanan untuk mengisi informasi suatu objek pada form survei, isilah informasi sesuai dengan form survei yang sudah kita buat hingga selesai dan informasi yang didapatkan harus sesuai dengan yang ada di lapang saat itu. Apabila Anda ingin kembali ke halaman survei sebelumnya, geserlah layar Anda ke kiri.

Screenshot (12-00pm, Dec 02, 2015)

  • Setelah masuk ke bagian menyimpan titik koordinat, klik Record Location, pastikan tingkat akurasinya kurang dari 15 m, dan klik Record Location.

Screenshot_2015-11-30-16-25-41

  • Kemudian beri nama form-nya, contoh : OSM Survey, lalu beri tanda centang pada keterangan Mark form as finalized, dan klik Save Form and Exit.
  • Lakukan langkah-langkah di atas untuk menandakan objek berikutnya hingga semua objek terpetakan.
  • Jika survei lapang sudah selesai dan semua data sudah dikumpulkan, Anda dapat mengklik Stop Tracking untuk menonaktifkan rekaman track. Apabila Anda ingin melihat tampilan track ketika di lapang, silakan Anda pergi ke menu Display Map nanti Anda akan melihat track Anda ketika survei di lapang.

Screenshot_2015-12-03-11-39-39

  • Kemudian objek yang sudah dikumpulkan dapat Anda kirimkan ke website dimana Anda membuat form survei tersebut dengan memilih menu Send Finalized Form, kemudian klik Toggle All dan klik Send Selected.

Screenshot_2015-12-03-11-34-56

Menyimpan dan Mengupload Track ke OSM Server

  • Pilih menu Track List, kemudian pilih track yang ingin disimpan.

Screenshot_2015-12-03-11-38-59

  • Pada halaman Track Details, Anda dapat mengubah judul track, menambahkan deskripsi track dan tags.

Screenshot_2015-12-03-11-45-54

  • Kemudian Anda juga dapat memilih status track menjadi Public, Private, Trackable, ataupun Identifiable. Anda dapat memilih salah satunya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda apabila track ini ingin dilihat dan diambil datanya oleh orang lain, Anda memilih status track yang Public.
  • Kemudian klik Save.
  • Pada aplikasi ini Anda juga dapat mengupload track hasil survei ke server OSM, caranya ke pojok kanan atas pada halaman Track Details, kemudian pilih OpenStreetMap upload.

Screenshot_2015-12-03-11-45-34

  • Setelah semua kolom judul, deskripsi, tag, dan status track sudah terisi, silakan Anda klik Save and Upload.

Screenshot_2015-12-03-13-36-56

 

Mengexport Track ke Format GPX

  • Setelah Anda melakukan survei lapang dengan merekam track Anda ketika survei kemudian Anda ingin track Anda dijadikan sebagai referensi untuk melakukan editing di dalam JOSM. Silakan Anda export file track Anda dengan format GPX.
  • Caranya buka menu Track List kemudian tahan beberapa detik file track yang ingin Anda export, setelah itu akan muncul tampilan menu Track dan pilih Export as GPX.

Screenshot_2015-12-03-13-55-09

  • Setelah file track berhasil diexport, Anda dapat lihat file track Anda di File Manager pada smartphone Anda. Kemudian file tersebut dipindahkan ke komputer Anda dan buka file track menggunakan JOSM.

osm_track

Memasukkan data hasil survei ke dalam JOSM

Setelah mengumpulkan data di lapang, langkah selanjutnya adalah mengambil data hasil survei lapang pada aplikasi Geo Data Collect kemudian memasukkannya ke dalam JOSM. Penjelasan langkah pada sesi ini dikhususkan untuk para pengguna yang menggunakan website ona.io sebagai platform kuesioner online.

Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain :

  • Apabila semua data sudah dikumpulkan, buka menu Send Finalized Form pada aplikasi Geo Data Collect kemudian pilih semua data yang ingin diexport dengan cara klik Toggle All dan klik Send Selected.

Screenshot_2015-12-03-11-34-56

  • Setelah upload data berhasil kemudian klik OK. Semua data yang terpilih akan ditransfer ke dalam project pada website ona.io Anda.

Screenshot_2015-12-04-11-55-34

  • Data-data yang sudah masuk ke dalam website ona.io dapat dilihat di bagian project yang Anda buat.
  • Kemudian untuk mengexport semua datanya, pergi ke panel Export Data kemudian pilih jenis file yang ingin diexport. Jenis file yang akan diexport adalah file dengan format CSV agar file tersebut dapat terbaca di JOSM kemudian klik Prepare CSV Export dan klik Download CSV.

15

  • Setelah file selesai terdownload, Anda dapat buka file ini di dalam JOSM tetapi terlebih dahulu Anda harus menginstal plugin ColumbusCSV pada JOSM supaya file tersebut dapat terbuka dan terbaca di JOSM.
  • Kemudian masukkan file tersebut ke dalam JOSM dengan cara pilih menu File, pilih Open dan pilih file csv-nya. Selain file csv, Anda juga dapat memasukkan file track GPX Anda ke dalam JOSM. Tampilannya akan terlihat seperti di bawah ini.

16

  • File yang kita masukkan masih berupa file dalam format .csv apabila kita ingin mengupload file tersebut ke dalam server OpenStreetMap, kita harus mengubah file tersebut menjadi file dengan format .osm.
  • Setelah data diubah ke dalam format osm, langkah selanjutnya adalah merapikan informasi tag yang ada di objek tersebut melalui panel tags sebelah kanan. Ubah key dan value pada objek sesuai default dengan key dan value pada OSM.

12-22-2015 10-48-28 AM

  • Jika semua data dirapikan, Anda dapat mengupload data ini ke dalam OpenStreetMap.

 

Link