Program Trainee for Training

Latar Belakang

Selama lebih dari satu tahun, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) telah bekerja sama dengan Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) pada sebuah rencana untuk memetakan informasi bangunan pada OpenStreetMap untuk pemodelan dampak dan perencanaan kontingensi. Untuk tahun depan, tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah orang di Indonesia yang mampu melakukan pemetaan menggunakan OpenStreetMap, serta memperluas sistem pendukung. Untuk melakukan ini HOT akan melatih sebuah tim yang potensial untuk menjadi instruktur di OpenStreetmap. Pelatihan tim ini akan terdiri dari berbagai pengalaman baik di dalam kelas, lapangan, maupun kegiatan praktek. Tim ini nantinya akan mampu untuk membantu organisasi lainnya agar lebih mengenal OpenStreetMap dan belajar bagaimana mereka dapat memanfaatkan OpenStreetMap sebagai sumber daya untuk pemetaan.

Keterampilan yang akan diajarkan

  1.  Pelatihan akan dilaksanakan antara Agustus 2012-Maret 2013.
  2. Penggunaan GPS
  3. Bagaimana mengajarkan OpenStreetMap kepada orang lain
  4. Bagaimana berinteraksi dengan komunitas OpenStreetMap untuk mendapat bantuan
  5. Jaminan Kualitas Data OpenStreetMap
  6. Beginner-Advanced editing menggunakan JOSM
  7.  Menggunakan QGIS untuk analisis dan pembuatan peta
  8.  TileMill
  9.  PostGIS
  10. Melakukan update pada website OpenStreetMap.or.id

Pelaksanaan

Pelatihan dasar akan dilakukan di Jakarta dengan perjalanan ke daerah-daerah lain di Indonesia tapi tidak hanya terbatas pada Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan. Gaji sebesar 300.000 per hari akan diberikan. Akomodasi perjalanan diluar Jakarta akan ditanggung oleh Humanitarian OpenStreetMap Team.

Persyaratan

  1. Paling tidak berada pada tahun ke 3 di Universitas dengan bidang studi Geografi, Geoinformasi atau sudah menyelesaikan bidang studi lainnya yang terkait.
  2. Dapat memahami dan menggunakan perangkat GIS, seperti ArcGIS atau QuantumGIS.
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia.
  4. Dapat bepergian jauh dari rumah selama 3-4 minggu sekaligus.
  5. Nyaman berbicara di depan banyak orang paling tidak sebanyak 15-30 orang.

Untuk Mendaftar

Kirimkan CV Anda beserta surat lamaran Anda dan Peta OSM. Surat lamaran dapat berisi penjelasan singkat mengenai deskripsi dan latar belakang diri Anda, mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini, menurut Anda mengapa Anda cocok untuk pekerjaan ini, dan apa ekspektasi atau harapan Anda pada pekerjaan ini. Untuk Peta OSM Anda, gunakan OpenStreetMap untuk membuat atau menambahkan detail-detail informasi pada tempat favorit di kota Anda atau daerah sekitar tempat tinggal Anda. Anda dapat menggunakan http://www.learnosm.org/ untuk memulainya. Pastikan jalanan, restoran, fasilitas kesehatan, pertokoan, perbankan, tempat ibadah, fasilitas olahraga dan sebagainya terpetakan dengan baik. Lakukan sedetail mungkin (lihat contoh di bawah). Terakhir, berikan penjelasan atau ceritakan mengenai objek yang Anda petakan pada Surat Lamaran Anda.

Lamaran dikirim ke: indotrainer@hotosm.org

Batas akhir penerimaan aplikasi: Kamis, 2 Agustus 2012

Catatan:

1. Jika hasil upload kamu belum muncul, tunggu beberapa saat hingga server OSM terupdate. Jika belum terupdate, kamu boleh mengirimkan permalink area yang kamu edit, atau link changeset yang dapat diakses dari profile kamu melalui situs openstreetmap.org. Screenshot dari JOSM juga diperbolehkan.

2. Semua lamaran yang masuk akan diproses untuk kemudian diseleksi untuk masuk ke tahap wawancara (waktu dan tempat tentatif). Setelah itu, total trainer yang terpilih adalah 6 orang.

3. Lamaran dapat dikirimkan dalam bahasa Indonesia/bahasa Inggris (tidak akan mempengaruhi pertimbangan kami). Lamaran yang masuk selain dari email yang telah disebutkan di atas, tidak akan diterima. Setiap lamaran yang masuk akan kami balas paling lambat 24 jam setelah waktu pengiriman.

Have Fun!

Comments are closed.