[Tips] Merawat perangkat GPS

Saat ini, GPS merupakan sebuah perangkat yang sangat membantu baik dalam hal pemetaan ataupun navigasi sederhana. Namun, seringkali pengguna tidak hati-hati dalam menggunakannya sehingga perangkat GPS yang dimiliki tidak bertahan lama. Nah, OSM-Id memiliki tips sederhana yang berguna untuk merawat GPS anda agar tahan lama. Berikut uraiannya:

1. Perangkat GPS Anda tidak tahan air!

Anda mungkin berpikir perangkat GPS Anda tidak akan bermasalah jika digunakan dalam cuaca hujan karena terlihat cukup kuat dan dilengkapi dengan lapisan karet. Namun, kebanyakan perangkat GPS yang beredar di pasaran TIDAK ANTI AIR! Kalaupun ada, seperti perangkat yang “katanya” anti air, pasti ada waktu dimana tingkat ketahanan terhadap air menurun. Perlu diketahui juga lapisan karet di sekitar body GPS (termasuk yang melindungi port mini-USB), selain membantu untuk kenyamanan anda menggenggam perangkat, ia juga hanya sekedar menahan butiran-butiran debu dan juga air (terutama keringat dari tangan anda).

2. Port mini-USB harus tertutup rapat pada saat penggunaan di lapangan!

Port ini sangat vital! Anda tidak dapat mentransfer atau menghubungkan perangkat GPS anda dengan komputer apabila port ini bermasalah. Oleh karena itulah Anda harus memastikan port ini selalu tertutup saat penggunaan di lapangan untuk menghindari butiran debu dan air yang kemungkinan masuk dan menyebabkan korosi/karat. Jangan dibuka-tutup untuk hal yang tidak penting!

3. Jangan mencampur baterai baru dengan baterai bekas!

Untuk urusan daya, usahakan anda tidak mencampur penggunaan baterai baru dengan baterai bekas. Karena dapat menngganggu stabilitas arus listrik yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat GPS anda.

 

Battery_Recycling___Flickr_-_Photo_Sharing_

https://www.flickr.com/photos/moria

 

4. Jangan mencampur jenis baterai!

Di pasaran, terdapat banyak jenis baterai:

a. Karbon, yang harganya paling murah dan mudah didapat di warung-warung kecil

b. Alkaline, harga agak mahal dan biasa didapat di mini-market. Ini merupakan batere standar untuk GPS.

c. Baterai isi ulang (bisa NiMH atau Li-Ion), jelas harga sangat mahal 🙂

Jangan pernah mencampur penggunaan baterai ini! Misalnya satu buah berjenis karbon, kemudian satu buah lagi menggunakan jenis Alkaline. Karena reaksi kimia yang berbeda pada baterai dapat menyebabkan kebocoran pada baterai. Dan bahan kimia yang keluar dapat merusak perangkat anda.

5. Lepas baterai jika perangkat GPS tidak digunakan!

Hal ini untuk mencegah kebocoran pada baterai. Ingat! Perangkat elektronik apapun akan mengalami kerusakan apabila terpapar bahan kimia dari baterai.

6. Simpan perangkat GPS di tempat kering!

Suhu udara yang lembab sebenarnya adalah musuh umum perangkat elektronik. Kelembapan dapat mempercepat terjadinya korosi pada komponen-komponen GPS. Penggunaan dry box sangat disarankan.

2009-05-17_19_30_44__0900___Flickr_-_Photo_Sharing_

Dry Box – https://www.flickr.com/photos/bearnet

 

7. Gunakan case atau sarung pelindung.

Tidak ada salahnya menggunakan proteksi tambahan seperti case atau sarung pelindung. Bila perlu anda dapat memasang anti gores di layarnya agar GPS anda tambah awet.

Amazon_com__Garmin_eTrex_Carrying_Case__GPS___Navigation

Garmin Carrying Case (Amazon.com)

 

 

 

Comments are closed.