State of the Map Taiwan 2015

Pada pertengahan bulan September lalu, tepatnya tanggal 18-19 September 2015, HOT Indonesia mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara State of the Map Taiwan 2015 (SotM TW 2015). Acara ini berlokasi di Kampus Academia Sinica di Kota Taipei, Taiwan tepatnya di Gedung Humanities and Social Science Building dan Institute of Information Science. Ini merupakan kedua kalinya komunitas OSM Taiwan menggelar SotM di Taiwan, SotM sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2013 namun digabungkan dengan konferensi yang lain. Acara SotM TW ini ingin menciptakan sebuah lingkungan dan tempat untuk berdiskusi mengenai perkembangan teknologi dalam informasi geospasial, inovasi dan penelitian dengan memanfaatkan OSM. Pesertanya berasal dari berbagai latar belakang seperti mahasiswa, programmer, pegawai negeri sipil dan jurnalis.

Acara ini dihadiri oleh orang-orang yang memiliki banyak pengalaman dalam tanggap darurat (emergency response) menggunakan OSM, diantaranya Kate Chapman (Ketua umum Yayasan OSM), Heather Leson (Presiden Humanitarian OpenStreetMap Team) dan Jen Ziemke (Pendiri & Direktur International Network of Crisis Mappers) sebagai pembicara utama.

Pada hari pertama (18/9), sebelum acara dimulai semua pembicara dan peserta melakukan  registrasi ulang untuk mendapatkan nametag dan kaos. Kemudian acara dibuka dengan sambutan dari panitia dan berlanjut ke presentasi pertama yang dibawakan oleh Kate Chapman. Ia berbagi pengalaman mengenai Yayasan OSM (OpenStreetMap Foundation/OSMF). OSMF merupakan sebuah yayasan yang mendukung projek-projek komunitas OSM dengan menyediakan dasar hukum dan infrastruktur teknis.

sotmtw15 - opening

(atas) Registrasi, (bawah) Presentasi pertama oleh Kate. [Sumber**]

Selanjutnya sesi presentasi dibagi menjadi dua ruangan. Masing-masing sesi memiliki tema berbeda. HOT Indonesia berkesempatan untuk berbagi mengenai pemanfaatan OSM untuk kesiapsiagaan data dan komunitas OSM di Indonesia pada sesi Asian OSM Community. Pada sesi ini juga terdapat pembicara dari Nepal dan Jepang. Nama Budhatoki, pembicara dari Nepal, berbagi mengenai bagaimana Kathmandu Living Labs memulai dan melanjutkan upaya untuk menghasilkan dan memberikan informasi penting yang bergeoreferensi untuk respon dan membantu lembaga-lembaga selama gempa di Nepal. Kemudian ada dua pembicara dari Jepang, Minami Atara, mempresentasikan projek Wheelmap yang dilakukan bersama Hokkaido University sementara Taichi Furuhashi mempresentasikan tentang Crisis Mapping di Jepang. CrisisMappers Jepang meminta organisasi international, seperti Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, dan Google untuk mendukung kegiatan mereka.

sotmtw15 - asian community

Sesi Komunitas OSM Asia. [Sumber**]

Selain sesi Asian OSM Community, juga terdapat sesi OSM Tiles dan Teknologi, Citra Satelit & Bantuan Kebencanaan, Kolaborasi Komunitas, Bantuan Kebencanaan & Data Terbuka Pemerintah, dan Geovisualisasi yang sebagian besar dibawakan oleh pembicara lokal (Taiwan). Kemudian kegiatan hari pertama ditutup dengan presentasi dari President HOT, Heather Leson. Heather berbagi beberapa wawasan mengenai komunitas komunitas di masa mendatang dengan HOT dan OSM, apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung peta sebagai wadah yang memungkinkan siapapun dapat bergabung dan membangun komunitas bersama.

sotmtw15 - other session

Pada hari kedua (19/9), acara diisi dengan kegiatan yang lebih beragam, diantaranya presentasi, Hackathon, Workshop OSM, dan diskusi panel.

Beberapa sesi menarik antara lain sesi OSM dalam pendidikan. Sesi ini diisi oleh dosen-dosen dari universitas di Taiwan, mereka berbagi bagaimana memasukkan OSM dalam bidang pendidikan diantaranya menggunakan FieldPapers dalam survei lapangan untuk mahasiswa dan mengintegrasikan OSM ke dalam survei lapangan untuk sekolah tinggi.

Sesi OSM dalam pendidikan

Sesi OSM dalam pendidikan. [Sumber**]

Sesi menarik lainnya yaitu mengenai Komunitas OSM di Taiwan. Sejak tahun 2012, komunitas OSM di Taiwan sudah memiliki banyak kegiatan seperti mapping partymeetup, webinar dan seminar/workshop. Shi-Xun Hong, salah satu member tetap komunitas OSM Taiwan berbagi mengenai usaha pemetaan jalur bus di Tainan (Taiwan). Berikut adalah linknya: Peta online Jalur Bus di Tainan.

SotM TW 2015 telah sukses menjadi wadah bagi komunitas OSM untuk berkumpul dan berbagi pengalaman menggunakan OSM dalam berbagai projek. Sangat menyenangkan mengetahui bagaimana kegiatan komunitas-komunitas OSM dari berbagai negara di Asia.

sotmtw15 - day 2

Kegiatan hari kedua. [Sumber**]

**Sumber foto: Dokumentasi panitia SotM Taiwan 2015


 

Comments are closed.