Menyediakan peta digital bebas dan terbuka di OpenStreetMap adalah sebuah upaya yang tidak akan ada akhirnya. Mengapa demikian? Pemetaan adalah sebuah upaya membekukan realita ruang dalam bentuk representasi simbolis. Mengingat realita ruang selalu berubah, maka memperbaharui peta adalah sebuah upaya yang tidak akan ada habisnya, kecuali kita menemukan teknologi yang dapat memperbaharui peta secara otomatis.

OpenStreetMap menganut prinsip keterbukaan dan kebebasan, sehingga data geografis di dalamnya bergantung sepenuhnya dari kesukarelaan kontributor. Saat ini, upaya memperbesar jumlah dan dampak yang dapat diberikan oleh kontributor terhadap OpenStreetMap memang dilakukan oleh Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), baik yang bertempat di Indonesia, maupun di Amerika Serikat. Meskipun demikian, tidak ada yang bisa menjamin bahwa HOT akan selalu hadir untuk memastikan keberlanjutan kontribusi data geografis ke  dalam OpenStreetMap. Disini, kita semua harus sadar bahwa masa depan OpenStreetMap sebagai platform peta digital yang bebas dan terbuka sejatinya bergantung besar terhadap keaktifan kontributor OpenStreetMap.

Sejauh ini, Komunitas OpenStreetMap Indonesia memang telah hadir di dunia online, terutama di dalam Facebook. Meskipun begitu, dalam rangka memastikan keberlanjutan kehadiran kontributor OpenStreetMap, khususnya di Indonesia, HOT Indonesia hendak mengadakan pertemuan offline pertama bagi anggota-anggota Komunitas OpenStreetMap Indonesia. Lewat pertemuan ini, diharapkan kita dapat saling berkenalan dengan sesama kontributor OpenStreetMap di Indonesia. Jika kita sudah saling mengenal, kita juga dapat mulai merencanakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh Komunitas OpenStreetMap Indonesia. Misalnya, mapping party Komunitas OpenStreetMap Indonesia. 🙂

Rencananya pertemuan ini akan diadakan di Jakarta, dan akan ditentukan tanggal serta lokasi tepatnya setelah 20 orang menyatakan kesediaannya untuk menghadiri pertemuan ini. Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan akun Facebook di halaman MeetUp yang telah kami buat. Setelah membuka halaman tersebut, kamu hanya perlu log in dengan akun facebook-mu, dan mengklik join.

Apakah kamu mau ikut?

Mari bertatap mata dan membuat peta!

 

 

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

Comments are closed.