Salah satu kesuksesan program SD4CP (Scenario Development for Contingency Planning) dalam hal pengumpulan data OpenStreetMap (OSM) tidak lepas dari peran besar dan kerjasama dengan berbagai universitas di Indonesia. Saat ini OSM telah diterapkan di 3 universitas dan program pengumpulan data pun masih terus berlanjut.

Untuk meneruskan program ini, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) akan mulai mengaktifkan kembali roadshow sosialisasi dan training OSM di berbagai universitas di Indonesia. HOT menargetkan universitas-universitas yang berada dalam provinsi prioritas Australia Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR)  dan sekitarnya juga melalui masukan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Provinsi-provinsi yang menjadi fokus utama saat ini yaitu Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Provinsi mitra seperti DKI Jakarta dan DI Yogyakarta juga akan dipertimbangkan. Setidaknya 10 universitas yang dipilih oleh BNPB, AIFDR, dan HOT akan menjadi target roadshow, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan kegiatan serupa di universitas di provinsi lainnya apabila ada minat yang kuat, waktu yang mencukupi, dan memenuhi persyaratan untuk mengadakan training.

Roadshow universitas ini akan digunakan sebagai langkah sosialisasi untuk memperkenalkan apa itu OSM dan kegunaannya. Tujuannya untuk mengukur minat lebih lanjut dalam keterlibatan dengan OSM. Setelah roadshow sosialisasi OSM, universitas berhak untuk mendapatkan workshop/pelatihan OSM.

Mahasiswa yang mengikuti workshop/pelatihan memiliki kesempatan untuk menjadi “Surveyor OpenStreetMap” yang tersertifikasi. Mahasiswa yang tersertifikasi akan ditambahkan ke dalam database SD4CP yang dapat diakses oleh manajer di bidang bencana apabila membutuhkan bantuan asistensi dalam proses perencanaan kontinjensi. HOT akan melakukan sertifikasi terhadap 100 orang mahasiswa sebagai surveyor OSM pada tahun 2014. Tujuannya adalah agar mendukung BPBD dalam menyusun rencana kontinjensi bencana di daerahnya.

Kegiatan training akan meliputi komponen-komponen seperti pengumpulan data, integrasi data, dan validasi data, yang menjadi skill atau kemampuan khusus untuk menjadi surveyor OpenStreetMap. Sebagai tambahan, pengenalan singkat mengenai rencana kontinjensi akan diberikan kepada mahasiswa agar memberi mereka gambaran mengenai tujuan dari pengumpulan data.

Pemilihan universitas akan berdasarkan minat yang ditunjukkan universitas, dekat dengan provinsi prioritas, dan merupakan departemen atau fakultas yang relevan untuk pengumpulan data OSM. Berikut daftar Universitas Peserta University Roadshow OpenStreetMap 2014:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Teknologi Sepuluh November
  4. Universitas Trunojoyo Madura
  5. Universitas Hasanuddin
  6. Universitas Nusa Cendana Kupang
  7. Universitas Nusa Nipa Maumere
  8. Institut Teknologi Medan
  9. Universitas Negeri Padang
  10. Universitas Jenderal Soedirman
  11. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (Yogyakarta)
  12. Universitas Islam Indonesia
  13. Universitas Riau


Lihat agenda Roadshow Universitas kami:

  • 4-5 Maret 2016Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

    Waktu:
    4-5 Maret 2016
    08.00 - 16.30 WIB
    Tempat:
    UPN Yogyakarta Condongcatur
  • 11-13 Maret 2016Universitas Brawijaya Malang

    Waktu:
    4-5 Maret 2016
    08.00 - 16.30 WIB
    Tempat:
    Universitas Brawijaya Malang
  • TBDUniversitas Indonesia

  • TBDUniversitas Riau

  • TBDUniversitas Bengkulu