Proyek Pemetaan dan Transparansi Kalimantan

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) bekerjasama dengan Wikimedia Indonesia (WMID) dan didanai oleh Making All Voices Count telah menginisiasi sebuah proyek untuk memetakan dan membuat konten mengenai Kalimantan. Proyek ini akan berkisar  pada pembuatan modul pemetaan untuk OSM dan pembuatan bot artikel (bot article) di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar, melalui pelatihan oleh mitra organisasi yang berada di Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur  dan Kalimantan Selatan. Bot artikel dibuat untuk menarik data dari OSM dan mengubahnya menjadi artikel di Wikipedia secara otomatis.

Tahapan awal proyek ini sudah dimulai sejak Bulan Agustus 2014, dan rencananya akan selesai pada akhir Juli 2015. Kelak, indikator kesuksesan proyek ini meliputi pada digunakannya modul yang telah dibuat oleh kontributor (relawan) peta digital dan dibacanya artikel-artikel mengenai Kalimantan yang dibuat oleh bot di Wikipedia bahasa Indonesia.

Ada dua kelompok sasaran yang akan dijangkau dalam implementasi proyek ini. Kelompok sasaran pertama akan dilatih sebagai partisipan, sedangkan kelompok sasaran kedua akan dijangkau untuk kepentingan penggunaan hasil dari proyek ini. Kelompok sasaran pertama berasal dari universitas lokal, sedangkan kelompok sasaran kedua adalah masyarakat di Kalimantan, Pemerintah Daerah yang memiliki data, dan orang-orang yang tertarik mengunjungi Kalimantan.

Proyek ini masih berstatus pilot project, oleh karena itu cakupan wilayahnya hanya akan berkisar di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Selain mengembangkan bot artikel, saat ini, Wikimedia juga sedang mencari data dasar berupa data Sekolah (SD-SMA), Universitas (Negeri dan Swasta), Rumah Sakit dan Jalan Raya di kedua Provinsi tersebut. Sedangkan HOT sedang mengembangkan modul pelatihan khusus untuk proyek ini, dan akan segera mengadakan pelatihan OpenStreetMap kepada WMID.

Silahkan cek dan ikuti perkembangan proyek ini dengan mengklik logo WMID di sebelah kanan.
96px-Wmi-logo135

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

Comments are closed.