Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2017, Sorong, Papua Barat

Sejak tahun 2009, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari Peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day of Disaster Risk Reduction). Dalam rangka memperingati momen tersebut, sejak tahun 2013 BNPB telah menyelenggarakan agenda nasional Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia. Pada tahun 2017 ini, Kota dan Kabupaten Sorong, Papua Barat terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara tahunan tersebut setelah menerima tongkat estafet penyelenggara dari Kota Manado, Sulawesi Utara sebagai penyelenggara kegiatan serupa di tahun lalu.

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2017 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman Pemerintah dan masyarakat terhadap aktivitas Pengurangan Risiko Bencana sebagai investasi untuk ketangguhan. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB di seluruh Indonesia. Manfaat yang diharapkan adalah meningkatnya kemitraan antar pelaku penanggulangan bencana di Indonesia, dan memberikan komitmen bersama antar pemangku kepentingan di Indonesia. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Home Safe Home”.

Partisipasi HOT dan DMI

Suasana di dalam Aimas Convention Center (ACC)

Acara peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2017 diselenggarakan pada tanggal 23-25 Oktober 2017 di beberapa tempat yang berbeda secara paralel. Secara umum, seluruh kegiatan utama dilaksanakan di dua tempat, yakni Alun-Alun Kabupaten Sorong dan Aimas Convention Center (ACC). Acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2017 terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu:

  • Pameran (berlangsung di Alun-Alun Kabupaten Sorong)
  • Knowledge Sharing (berlangsung di Aimas Convention Center)
  • Rally PRB
  • Bersih Sungai Remu Sorong
  • Peresmian Komunitas Sekolah Sungai Papua Barat
  • Lomba Cerdas Cermat BPBD
  • Field Trip ke Raja Ampat dalam rangka persemian BPBD Kabupaten Raja Ampat

Suasana booth pameran HOT dan DMI pada bulan PRB, Sorong, Papua Barat

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) dan Disaster Management Innovation (DMInnovation) berkesempatan untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam dua kegiatan, yakni pameran dan Knowledge Sharing. Dalam pameran, HOT dan DMI berkesempatan untuk memperkenalkan kegiatan dan juga produk-produk yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko bencana. Sementara itu dalam Knowledge Sharing, HOT dan DMI berkesempatan untuk ikut terlibat dalam diskusi singkat dengan berbagai pihak terkait seperti BPBD, BNPB, LSM dan lembaga lainnya terkait kontribusinya dalam pengurangan bencana di Indonesia. Total terdapat 10 kelas Knowledge Sharing yang tersedia. Lebih lanjut lagi, HOT dan DMI berkesempatan untuk menjadi narasumber pada:

Adi Kurniawan (DMI) menjelaskan tentang InaSAFE untuk pemahaman risiko yang lebih baik

  • Knowledge Sharing 1: Memahami Risiko Bencana
    • Sub Tema: Optimalisasi Ketersediaan Data Ancaman dan Keterpaparan Menggunakan InaSAFE untuk Pemahaman Risiko yang Lebih Baik
    • Waktu dan tanggal: Senin, 23 Oktober 2017
    • Tempat: Aimas Convention Center (ACC)
    • Pemateri: Adi Kurniawan (DMI)

Ivan Busthomi (DMI) menjelaskan tentang peranan InaSAFE Seamless Platform dalam mendukung sinergitas penanganan bencana

  • Knowledge Sharing 2: Penguatan Tata Kelola Risiko Bencana
    • Sub Tema: InaSAFE Seamless Platform Guna Mendukung Sinergitas dalam Penanganan Bencana
    • Waktu dan tanggal: Selasa, 24 Oktober 2017
    • Tempat: Aimas Convention Center (ACC)
    • Pemateri: Ivan Busthomi (DMI)

Adhitya Dido Widyanto (HOT) menjelaskan tentang peran InaSAFE dalam mendukung rencana kontinjensi

  • Knowledge Sharing 4: Penguatan Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Bencana serta Pembangunan Lebih Baik dan Lebih Aman
    • Sub Tema: InaSAFE untuk mendukung Perencanaan Kontinjensi
    • Waktu dan tanggal: Selasa, 24 Oktober 2017
    • Tempat: Aimas Convention Center (ACC)
    • Pemateri: Adhitya Dido Widyanto (HOT)

Selain berkontribusi dalam kegiatan tersebut, HOT dan DMI juga berkontribusi dalam presentasi  Ignite Stage di panggung utama pada acara pameran pada tanggal 25 Oktober 2017. HOT (diwakili oleh Tri Selasa Pagianti) membawakan meteri pengenalan lembaga HOT, sedangkan DMI (diwakili oleh Felix Yanuar) membawakan materi mengenai InaSAFE Realtime untuk penanggulangan bencana.

 

Coaching Clinic

Berbeda dengan keikutsertaan HOT dan DMI dalam beberapa acara bulan PRB sebelumnya, kali ini HOT dan DMI menyelenggarakan sesi Coaching Clinic singkat pada acara pameran Bulan PRB. Sesi Coaching Clinic ini dimaksudkan untuk memperkenalkan OpenStreetMap dan juga InaSAFE sebagai tools yang dapat digunakan untuk berkontribusi dalam pengurangan bencana di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Coaching Clinic ini hanya berlangsung singkat (sekitar 30 menit). Setiap pengunjung yang ingin mengikuti sesi ini diperkenalkan tentang apa itu OpenStreetMap dan InaSAFE, bagaimana peranan OpenStreetMap dan InaSAFE dalam pengurangan bencana, serta ada praktik singkat sehingga para pengunjung dapat mencoba secara langsung menggunakan OpenStreetMap dan InaSAFE.

Sesi Coaching Clinic di dalam booth pameran HOT dan DMI

Secara keseluruhan, seluruh rangkaian acara pameran terselenggara dengan baik. Banyak pengunjung tertarik untuk mengunjungi booth HOT dan DMI serta banyak juga yang tertarik untuk mengikuti sesi Coaching Clinic yang diselenggarakan.

Adhitya Dido
Adhitya Dido
GIS Training Officer of Humanitarian Openstreetmap Team Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *