Pengumuman Kompetisi dan Pelatihan OSM di Balikpapan

Setelah dilaksanakannya kegiatan Pelatihan dan Kompetisi Pemetaan menggunakan OpenStreetMap di Samarinda pada bulan Juni kemarin, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia dan Wikimedia Indonesia berhasil mendapatkan 2 orang pemenang dari kompetisi ini.

Bertepatan pada tanggal 1 Oktober 2015 kemarin, acara penyerahan hadiah sekaligus penutupan dari acara Kompetisi Pemetaan OpenStreetMap di Samarinda dilangsungkan. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Ibis, Balikpapan. Kok di Balikpapan?? Yup Balikpapan dipilih sebagai tempat kegiatan dikarenakan setelah penyerahan hadiah akan dilanjutkan dengan Pelatihan Pemetaan Digital dengan OpenStreetMap di Kota Balikpapan.

Sebagai tindak lanjut atas keberhasilan dalam penyelenggaran kegiatan pelatihan pertama di Samarinda maka Kota Balikpapan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Pelatihan Pemetaan Digital OpenStreetMap yang kedua di Kalimantan Timur ini dalam proyek Open Content in Kalimantan. Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 1 Oktober hingga 3 Oktober 2015.

Penyerahan hadiah untuk pemenang Kompetisi Pemetaan menggunakan OpenStreetMap di Samarinda dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA dimana diwakilkan oleh Siska Doviana selaku Ketua Umum Wikimedia Indonesia. Para pemenang diberikan hadiah serta para peserta yang mengikuti kompetisi hingga akhir kegiatan masing-masing diberikan sertifikat yang diwakilkan oleh para pemenang.

Penyerahan Hadiah

Penyerahan hadiah kepada para pemenang Kompetisi Pemetaan di Samarinda

Selain menyerahkan hadiah dan menutup kegiatan kompetisi, HOT serta wikimedia Indonesia mengundang para wartawan lokal yang ingin meliput jalannya kegiatan kompetisi di Samarinda. Hasilnya???  2 media lokal yang memunculkan berita tentang kegiatan ini, mereka yaitu Tribun Balikpapan dan Metrotvnews.com

berita osm di tribun

Salah satu berita tentang kegiatan kompetisi yang dimuat di koran lokal

Setelah penyerahan hadiah dan penutupan kegiatan Kompetisi Pemetaan menggunakan OpenStreetMap di Samarinda selesai dilaksanakan, kegiatan Pelatihan Pemetaan menggunakan OpenStreetMap di Balikpapan kembali dilanjutkan. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang mahasiswa yang berasal dari STMIK Borneo Internasional, STT Migas Balikpapan, Institut Teknologi Kalimantan dan Politeknik Negeri Balikpapan.

Sama seperti di Samarinda, Pelatihan di Balikpapan ini dilaksanakan selama 3 hari dimana para peserta diajarkan segala materi yang berkaitan tentang OSM termasuk melakukan pengumpulan di lapangan pada tanggal 2 Oktober 2015 selama hampir seharian penuh dimana lokasi survei mengambil tempat di Kota Balikpapan. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk memasukkan data-data hasil survei mereka ke dalam OpenStreetMap.

Kegiatan Pelatihan Balikpapan

Kegiatan-kegiatan peserta saat pelatihan

Hal yang menarik dari kegiatan pelatihan kali ini adalah jika biasanya saat pelatihan OpenStreetMap, trainer pelatihan berasal dari anggota HOT Indonesia maka pada pelatihan kali ini trainer berasala dari relawan lokal dan juga merupakan alumni dari kegiatan pelatihan sebelumnya dan anggota dari Wikimedia Indonesia yaitu Suyono Darul dan Arief Rahman. Ini menunjukkan bahwa ‘kaderisasi’ ataupun pengembangan komunitas OpenStreetMap di wilayah Kalimantan Timur sudah berjalan dengan baik. Hal ini tentu merupakan contoh positif yang dapat menginsipirasi komunitas dan pengguna OpenStreetMap di daerah lain untuk melakukan hal yang serupa.

Trainer Lokal

Trainer Lokal yang memimpin jalannya Pelatihan OSM di Balikpapan. (kiri) Suyono (kanan) Arief

Kegiatan pelatihan ini disambut cukup meriah oleh para peserta. Mereka tampak cukup serius tetapi santai dalam mengikuti kegiatan ini. Materi-materi yang diajarkan juga relatif mudah dipahami oleh mereka. Peserta diberikan satu buah Panduan OSM cetak yang memuat semua materi yang diajarkan saat pelatihan ini. Anda juga dapat mendapatkan panduan tersebut di sini.

Pelatihan kemudian ditutup dengan kegiatn foto bersama dengan trainer dan para peserta pelatihan.Nantikan kegiatan kami pada acara OpenStreetMap di Kalimantan berikutnya. Sampai Jumpa!

Foto bersama para peserta pelatihan OSM Balikpapan

Foto bersama para peserta pelatihan OSM Balikpapan

Harry Mahardhika
Harry Mahardhika
Anggota Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia. Geografi Universitas Indonesia angkatan 2009.

Comments are closed.