Pengenalan OpenStreetMap untuk Kontributor Mongabay

Sebagai bagian dari rangkaian workshop Penulisan Mendalam Isu Lingkungan, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) diminta untuk memberikan pemaparan seputar OpenStreetMap (OSM). Acara ini berlangsung pada hari Senin, 28 Oktober 2013. Bertempat di Wisma PGI, Jakarta, acara ini diikuti  oleh Direktur, editor senior dan 10 kontributor Mongabay Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Para peserta dari Mongabay Indonesia

Para peserta dari Mongabay Indonesia

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ridzki Sigit, Direktur Mongabay Indonesia, dilanjutkan dengan perkenalan Yantisa Akhadi, sebagai narasumber dari HOT.  Dalam pemaparannya Yantisa menjelaskan apa itu OSM, bagaimana penjaminan kualitas dan privasi di dalam OSM, serta perbandingan dengan penyedia peta online lainnya. Berhubung latar belakang peserta adalah penulis artikel lingkungan maka dalam materi presentasi juga disinggung beberapa metode untuk menambahkan peta OSM ke dalam artikel web. Tak lupa juga disampaikan beberapa metode untuk berkontribusi ke dalam OSM.

Muncul beberapa pertanyaan dari peserta terkait dengan pemaparan diatas seperti bagaimana menambahkan data ke dalam OSM jika daerah yg ingin dipetakan masih kosong, dan juga bagaimana menyikapi perbedaan data peta antar lembaga pemerintah, swasta dan data di lapangan.

Comments are closed.