Pelatihan OpenStreetMap di Universitas Riau

Setelah menunggu beberapa lama Pelatihan OpenStreetMap di Universitas Riau (UNRI) akhirnya terlaksana. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia yang disebut University Roadshow dan merupakan lanjutan dari Pelatihan QGIS yang telah dilaksanakan sebelumnya di Universitas Riau pada bulan Juli 2014 lalu.

Pelatihan OpenStreetMap (OSM) di Universitas ini bertujuan untuk membentuk komunitas di Riau khususnya Pekanbaru dalam mengenal lebih dalam tentang OpenStreetMap dan dapat membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah mereka masing-masing sebagai data collector ataupun data analyst.  Pelatihan OSM di UNRI ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 10 hingga 12 Februari 2015 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Riau.

Walaupun merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan sebelumnya tetapi sebagian besar peserta merupakan peserta yang baru bergabung dan tidak mengikuti Pelatihan QGIS sebelumnya akan tetapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan ilmu serta pengalaman baru dalam pelatihan kali ini. Pelatihan ini sendiri dimulai dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB pada tanggal 10 dan 11 Februari dan pada tanggal 12 Februari dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 14.00WIB.

Kegiatan Pelatihan UNRI

Kegiatan Pelatihan UNRI (sumber : Manyuk Fauzi)

Pelatihan OSM ini meliput materi berupa teori serta teknis bagaimana cara menggunakan editor OSM seperti iD Editor dan JOSM  serta bagaimana kita bisa menjaga kualitas data yang ada di OSM serta hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan serta hindari saat melakukan editing data di OpenStreetMap. Hal yang paling menarik setiap pelatihan OSM tentu saja adalah kegiatan survei lapangan dimana kita mengumpulkan objek-objek yang kita rasa perlu untuk dikumpulkan.

Menariknya dari kegiatan Pelatihan di University Roadshow  ini adalah HOT tidak hanya memberikan pelatihan dan ilmu kepada peserta tetapi juga memberikan hadiah kepada beberapa peserta. Hadiah tersebut adalah hasil dari kompetisi editing di OSM menggunakan Tasking Manager selama pelatihan berlangsung dan juga nilai rata-rata tertinggi Pre dan Post Test yang diadakan sebelum dan setelah pelatihan ini. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi penambah semangat untuk para peserta dalam mengikuti pelatihan ini.

20150212_142856

Penyerahan Hadiah Kepada Para Pemenang

Para peserta terlihat sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pelatihan kali ini dan diharapkan mereka bisa menjadi pionir dalam pengumpulan data dan komunitas OpenStreetMap di Pekanbaru.

Harry Mahardhika
Harry Mahardhika
Anggota Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia. Geografi Universitas Indonesia angkatan 2009.

Comments are closed.