Pelatihan OpenStreetMap di Samarinda, Kalimantan Timur

 

Setelah melakukan sosialisasi pelatihan pada tanggal 26 dan 27 Januari 2015 di STMIK SPB Airlangga, Samarinda akhirnya Pelatihan OpenStreetMap (OSM) pertama di Pulau Kalimantan terselenggara juga. Mengambil tempat di Hotel Amaris, Samarinda pelatihan ini melibatkan 3 perguruan tinggi serta universitas yang ada di Samarinda yaitu Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda dan STMIK SPB Airlangga.

Pelatihan ini merupakan bagian dari Proyek Pemetaan dan Transparansi Kalimantan antara Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia dengan Wikimedia Indonesia (WMID) dengan bantuan dana dari Making All Voices Count (MAVC). Untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai proyek ini silahkan klik di sini.

Pelatihan OSM kali ini dilaksanakan bersama dengan Pelatihan Penulisan Artikel Wikipedia. Pelatihan OSM sendiri dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 16 hingga 18 Februari 2015. Untuk tanggal 16 dan 17 Februari pelatihan dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WITA dan para peserta diajarkan segala materi yang berkaitan tentang OSM sedangkan  pada tanggal 18 Februari peserta melakukan latihan pengumpulan data di lapangan hingga memasukannya ke dalam OSM oleh karena itu pelatihannya dilaksanakan satu hari penuh dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.

Kegiatan Pelatihan

Kegiatan Pelatihan

Para peserta terlihat antusias serta menikmati jalannya pelatihan. Bagi beberapa peserta ini merupakan hal yang baru buat mereka sehingga mereka tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang OSM dan bagaimana manfaat OSM ini dalam aktifitas mereka. Selain itu para peserta juga mendapatkan modul pelatihan yang dapat mereka pelajari jika suatu saat ingin mengulang materi yang telah dipelajari saat pelatihan.

Ekspersi para peserta saat pelatihan

Ekspersi para peserta saat pelatihan

Pelatihan OSM ini merupakan pelatihan OSM pertama yang nantinya akan dilanjutkan oleh pelatihan berikutnya yang kemungkinan akan diadakan di Bulan Mei 2015. Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta dapat berkontribusi untuk melengkapi data-data Kalimantan Timur khususnya Kota Samarinda ke dalam OSM dan juga dapat mengajak teman-teman mereka untuk ikut bergabung dan berkontribusi di OSM.

Sesi Foto Bersama

Sesi Foto Bersama

Untuk mendapatkan presentasi terkait pelatihan kemarin silahkan klik di sini dan untuk mendapatkan modul pelatihannya silahkan klik di sini.

banner

Harry Mahardhika
Harry Mahardhika
Anggota Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia. Geografi Universitas Indonesia angkatan 2009.

Comments are closed.