Pelatihan OpenStreetMap di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin, Makassar

Setelah pelatihan Beginning OpenStreetMap di Hotel Amaris, Panakukang, Makassar berakhir dengan hasil yang memuaskan, dimana pemetaan di sekitar wilayah yang terkena banjir terpetakan dengan baik. Pelatihan selanjutnya dilakukan di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin yang terletak tidak jauh dari Panakukang. Pelatihan ini diusulkan oleh salah satu dosen Jurusan Teknik Sipil yang bernama Bapak Ir. Syamsuddin Rauf, dimana beliau sangat tertarik untuk mengaplikasikan OpenStreetMap dalam mendukung bidang GIS dan ingin membagi ilmu OpenStreetMap dengan para mahasiswa/i jurusan Teknik Sipil.
Pelatihan berlangsung dalam satu hari pada tanggal 22 Oktober 2012, di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 25 orang yang terdiri dari mahasiswa/i Jurusan Teknik Sipil angkatan 2007-2010. Pelatihan dibuka oleh Bapak Dr.Tri Haryanto sebagai sekretaris jurusan teknik sipil.

Materi yang diberikan di awal pelatihan yaitu pengenalan OpenStreetMap oleh Vashanti, sampai istirahat makan siang mereka mendaftar di account osm dan menginstall aplikasi seperti JOSM dan GPS Babel. Juga mempraktikan penggunaan JOSM dengan cara sederhana seperti sample.osm untuk mengenal fitur-fitur seperti titik, garis, dan poligon yang diberikan presets. Para peserta tampak antusias dalam belajar JOSM walaupun pelatihan sempat terhambat oleh koneksi internet.

Pelatihan menggunakan field paper/walking paper dan GPS dilakukan setelah makan siang di sekitar area kampus Universitas Hasanuddin. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Masing-masing kelompok diberikan 1 GPS, walking paper, dan form survei. Sebelum survei lapangan, dipraktikkan cara penggunaan GPS dimana hal ini tidak terlalu sulit karena sebagian besar peserta sudah mengenal GPS.

Waktu yang diberikan untuk survei lapang sekitar 1 jam dan kembali ke dalam ruang pelatihan untuk memasukkan data hasil survei ke dalam GPS Babel dan dipraktekan menggunakan JOSM, download from OSM, dan mengupload ke openstreetmap.

Materi selanjutnya mengenai cara mencetak peta OpenStreetMap dengan menggunakan field paper, download shp melalui geofabrik/Hot Export dan bergabung ke dalam komunitas OpenStreetMap. Acara ditutup dengan diskusi dan foto bersama
dengan seluruh para peserta pelatihan.

Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.