Proyek Pemetaan dan Transparansi di Kalimantan yang didanai oleh Make All Voices Count (MAVC) melibatkan kerjasama antara Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia dengan Wikimedia Indonesia (WMID). Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan keterbukaan data di Kalimantan khususnya Kota Samarinda. Pengembangan keterbukaan data ini menggunakan OpenStreetMap serta Wikipedia sebagai media dalam menyampaikan informasi terhadap data-data yang dikumpulkan.

Proyek ini melibatkan kerjasama dengan pihak lokal yaitu dengan  3 universitas/perguruan tinggi yaitu Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda dan STMIK SPB Airlangga. Sebagai tindak lanjut dari tujuan tersebut maka diadakan Pelatihan OpenStreetMap di Samarinda  pada tanggal 16-18 Februari 2015.

Panduan OpenStreetMap ini merupakan media untuk para peserta dalam mempelajari OpenStreetMap secara menyeluruh mulai dari pengenalan OpenStreetMap hingga mengambil data OpenStreetMap. Panduan ini terdiri dari 10 bab dimana para peserta akan diberikan panduan dari awal pengenalan hingga akhir sampai bisa mengambil data yang ada. Dibuat dengan tampilan berbeda dari panduan sebelumnya serta penuh warna dengan tujuan mempermudah para peserta untuk mempelajari serta memahami isi dari panduan ini. Diharapkan dengan panduan ini para peserta dapat berkontribusi lebih untuk memetakan Kota Samarinda dan sekitarnya sehingga data-data yang ada dapat dilihat serta digunakan oleh masyarakat banyak.

Anda dapat mengunduh panduan tersebut (berukuran 21MB) dengan mengklik sampul panduan dibawah ini:

Cover Depan