Mengenal situs lain yang terkait OpenStreetMap

Penggunaan OpenStreetMap saat ini sudah tidak terbatas pada situs www.openstreetmap.org saja, akan tetapi sudah terdapat berbagai macam situs yang terkait dengan OpenStreetMap. Situs-situs ini tidak hanya memberikan kemudahan para penggunanya untuk mengambil data saja, akan tetapi juga memberikan berbagai macam fitur kepada para pengguna OpenStreetMap untuk melihat hal lain terkait dengan OpenStreetMap seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Situs yang pertama adalah Best of OSM. Pada situs ini anda dapat melihat contoh daerah yang dipetakan dengan sangat bagus dan beberapa daerah menarik lainnya, misalnya pada pilihan Best of OSM, terdapat beberapa daerah seperti Praha, Rio de Janeiro, dan Helsinki yang merupakan salah satu contoh daerah yang telah dipetakan dengan sangat bagus. Kemudian pada pilihan interesting places kita juga dapat melihat seperti Alcatraz Island, Guantanamo Bay, dan Dubai. Situs ini dapat menjadi penyemangat kita untuk terus memetakan daerah kita, dengan harapan nantinya bisa saja daerah kita dapat masuk kedalam daftar daerah yang telah terpetakan dengan baik.

Situs yang kedua adalah Who did it. Situs ini memberikan informasi siapa saja yang telah berkontribusi memetakan suatu daerah, berapa titik, garis dan polygon yang tercipta, dan berapa perubahan yang telah terjadi. Selain itu kita juga dapat mengetahui daerah mana saja yang telah diubah oleh kita ataupun pengguna lain dalam beberapa minggu, bulan, setengah tahun atau lebih.

Kemudian situs yang terakhir adalah situs OSM Stats. Situs ini memberikan perkembangan-perkembangan yang terjadi pada OpenStreetMap, seperti perkembangan jumlah pengguna, perkembangan data, dan peringkat negara yang telah menggunakan OpenStreetMap. Pada situs ini kita dapat mengetahui bahwa jumlah pengguna OpenStreetMap setiap harinya terus meningkat dan hal ini juga sejalan dengan jumlah data yang terus bertambah setiap harinya. Sementara itu, pada pilihan negara, pada tanggal 1 Oktober 2012 negara Indonesia memasuki peringkat ke 11 dalam jajaran negara-negara pengguna OpenStreetMap di seluruh dunia.

Masih banyak situs menarik lainnya yang terkait dengan OpenStreetMap. Beberapa situs tersebut dapat membantu kita untuk mengambil data OpenStreetMap dan juga untuk melihat perbandingan peta OpenStreetMap dengan layanan lain. Mari kita perkenalkan OpenStreetMap kepada teman dan kerabat dekat kita dan mari kita lakukan pemetaan di seluruh Indonesia agar Indonesia dapat naik kedalam peringkat 10 besar dari jajaran negara-negara pengguna OpenStreetMap diseluruh dunia.

adityo
adityo
I graduated from Geography University of Indonesia and was born in Jakarta, 31th January 1990. Travelling, mountaineering, playing game and mapping are my hobbies. My motivation to join openstreetmap team is because I like to mapping, meet new people and also travelling to new place that I never see it before.

Comments are closed.