Mengenal Panel pada Menu Jendela/Windows di JOSM

Pada saat kita menambahkan dan mengedit data OpenStreetMap dengan menggunakan JOSM pernahkan Anda mengalami masalah dengan menghilangnya kotak Panel layer, tag, atau riwayat disebelah kanan.? Jika Anda mengalami masalah tersebut atau belum mengetahui tentang hal ini, mari kita pelajari lebih lanjut. Pada tutorial ini, akan dibahas lebih detail mengenai apa saja Panel yang terdapat didalam Menu Windows JOSM yang sangat berguna dalam mengedit data OSM.

Pada saat mengedit data OSM dengan menggunakan JOSM, Anda akan melihat beberapa kotak yang berada di sebelah kanan seperti gambar dibawah ini, bila pada JOSM Anda tidak ada panel tersebut atau tidak sengaja mengklik tanda silang pada salah satu panel, Anda dapat mengaktifkannya dengan memilih menu Jendela -> kemudian pilih salah satu panel yang dibutuhkan atau dengan klik pada toolbar panel disebelah kiri bagian bawah JOSM. Jika Anda menggunakan toolbar panel Anda dapat klik untuk memunculkan dan menghilangkan panel tersebut yang akan muncul pada kotak di sebelah kanan JOSM Anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Panel pada JOSM

Panel pada JOSM

Ada beberapa Panel yang sering digunakan dan sangat berguna dalam mengedit data OSM yang terdapat di Menu Jendela, yaitu :

Menu Jendela/Windows

Menu Jendela/Windows

1. Layer

Layer

Layer

Layer digunakan untuk menampilkan apa yang ada pada area kerja atau data layer yang sedang Anda kerjakan. Bila kita lihat pada kotak Layer terdapat tanda centang warna hijau yang artinya layer tersebut aktif dan Anda dapat memodifikasi data OSM yang terdapat pada layer tersebut. Jika Anda menampilkan citra satelit seperti Bing Sat dan OpenStreetMap Maprik maka akan otomatis tampil pada kotak Layer.

2. Properties (Tags)

Tags (Key dan Value)

Tags (Key dan Value)

Tags digunakan untuk menampilkan informasi objek yang ada didalam data OpenStreetMap. Setiap objek harus memiliki key dan value yang dapat diisi dengan menggunakan Presets. Jika Anda memilih salah satu objek maka panel tag akan menunjukkan informasi dari objek tersebut, tetapi jika tidak maka akan kosong.

3. Pembuat 

Panel Pembuat

Panel Pembuat

Panel pembuat digunakan untuk mengetahui nama pengguna (username OSM) yang telah mengedit terakhir kali pada objek OpenStreetMap yang Anda download. Caranya dengan memilih salah satu objek maka panel pembuat akan langsung menampilkan username OSM seperti pada gambar contoh panel pembuat diatas. Ada tiga kolom yaitu pengarang yang menunjukkan username OSM, kolom objek yang menunjukkan banyaknya objek yang dipilih, dan kolom persentase yang menunjukkan bahwa objek tersebut 100% dimodifikasi oleh nama pengguna tersebut. Panel ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui username yang mengedit lebih dari satu objek, caranya Anda pilih lebih dari satu objek dengan menggunakan tool pilih (select tool) maka hasilnya akan seperti dibawah ini, hasilnya dari ketiga objek yang dipilih ternyata dua objek telah diedit oleh Dewi sehingga menunjukkan persentase 67 %.

Memilih lebih dari 1 objek

Memilih lebih dari 1 objek

4. Sejarah (Riwayat)

Sejarah/Riwayat

Sejarah/Riwayat

Sejarah atau riwayat digunakan untuk mengetahui nama pengguna (username) OSM yang telah mengedit objek OpenStreetMap yang kita download pada JOSM. Hal yang membedakan dengan panel pembuat adalah panel sejarah memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa saja yang telah mengedit di wilayah yang Anda download, caranya yaitu : Pastikan Anda sudah terhubung dengan koneksi internet -> klik pada salah satu objek misalnya bangunan -> lalu arahkan ke panel sejarah dan klik Tunjukkan -> akan muncul siapa saja yang telah mengedit objek tersebut. Jika menggunakan panel pembuat hasilnya hanya username yang terakhir mengedit objek tersebut, sedangkan panel sejarah dapat menampilkan keseluruhan username yang telah mengedit objek tersebut.

5. Validasi Data

validasi

validasi

Panel validasi digunakan untuk mengetahui serta memperbaiki kesalahan dan peringatan pada data OpenStreetMap sebelum diupload ke server OSM. Validasi sangat berguna dalam memperbaiki kualitas data atribut dan mengedit kesalahan data OpenStreetMap. Validasi data sangat bergantung pada seseorang/volunteer pengguna OpenStreetMap. Cara mengetahui kesalahan dengan menggunakan validasi tool, yaitu Anda klik pada Tools disebelah kiri tanda centang berwarna biru atau klik Menu -> pilih Hasil Validasi -> kemudian kotak Validasi akan muncul di sebelah kanan -> Pastikan tidak ada objek yang Anda pilih -> Anda klik “Validasi” -> akan keluar kesalahan dan peringatan yang dapat Anda perbaiki satu persatu. Jika sudah diperbaiki maka Anda dapat mengupload data tersebut ke server OSM.

6. Gaya Gambar Peta (Map Style)

Maps Style

Maps Style

Panel Maps Style digunakan untuk merubah gaya peta OSM yang Anda download, permasalahan yang sering terjadi yaitu ketika baru pertama kali menggunakan JOSM terkadang “JOSM Internal Style” tidak di centang. Hal ini menyebabkan saat Anda mendownload data OSM dengan menggunakan JOSM maka tidak akan tampak style pada OSM seperti nampak pada gambar dibawah ini

Tanpa JOSM Internal Style

Tanpa JOSM Internal Style

Bila JOSM seperti nampak pada gambar diatas maka akan menyulitkan Anda ketika mengedit dan mengetahui objek OSM karena tidak terlihat perbedaan diantara objek. Untuk menampilkan JOSM Internal Style caranya Anda klik Menu Jendela -> Pilih Gaya Gambar Peta (Maps Style) -> pada kotak di sebelah kanan JOSM Anda akan muncul kotak Gaya Gambar Peta -> Beri tanda centang pada JOSM Internal Style, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Hasilnya akan tampil simbologi yang membedakan atribut objek data OSM.

Menggunakan JOSM Internal Style

Menggunakan JOSM Internal Style

Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.