Menambahkan Informasi Bangunan

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap pada setiap bangunan di OpenStreetMap, anda harus mengisi seluruh atribut yang diinginkan dengan sesuai. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat poligon bangunan dengan menggunakan menu draw nodes, yang terletak pada menu bar di sebelah kiri

2. Agar poligon yang Anda buat dikenali sebagai sebuah building atau bangunan, klik Presets > Man Made > Man Made > Building. Setelah poligon yang Anda buat dikenali sebagai bangunan, maka isi poligon tadi akan terhighlight dengan warna coklat muda seperti pada gambar, kemudian pada box properties di sebelah kanan layar, akan muncul Key sebagai ‘building’ dengan value ‘yes’. Berarti JOSM telah mengenali poligon tersebut sebagai bangunan.

3. Untuk merapikan bentuk bangunan agar menjadi lebih siku-siku atauberbentuk persegi sempurna, klik Tools > Orthogonalize Shape

4. Langkah berikutnya adalah memberikan informasi berupa nama bangunan yang Anda edit. Caranya, pada box Properties di sebelah kanan klik tombol +Add. Lalu akan muncul window baru untuk merubah value dari bangunan tersebut. Pada bagian Please select a key, pilih ‘name’ lalu pada bagian Please select a value ketikkan nama dari bangunan tersebut. Klik OK. Maka pada box properties di sebelah kanan window akan bertambah informasi nama bangunan tersebut.

5. Kemudian saatnya memasukkan attribut bangunan yang berisi informasi penting mengenai struktur-struktur bangunan. Klik Preset > Building (atau Bangunan). Lalu muncul jendela baru berisi daftar informasi mengenai bangunan yang terdiri dari Fungsi Bangunan, Struktur Bangunan, Tipe Dinding, Tipe Atap, dan Jumlah Tingkat beserta pilihan-pilihannya. Isilah atribut-atribut tersebut sesuai dengan keadaan bangunan tersebut. Lalu klik Apply Preset. Setelah itu, informasi yang berada pada box properties di sebelah kanan window pun akan tampak bertambah.

6. Jangan lupa data nya di save apabila mau mengerjakan secara offline, dan di upload ketika mendapat koneksi internet.

7. Selamat Memetakan! 😀

Comments are closed.