Memasukan Peta OSM ke dalam Perangkat GPS

Pada panduan Memulai OpenStreetMap, Anda telah mengetahui apa itu GPS dan bagaimana GPS bekerja pada umumnya. Beberapa perangkat GPS telah didukung untuk menampilkan peta, misalnya Garmin 60Csx, Garmin etrex vista, serta yang terbaru Garmin GPSmap 62s, Garmin etrex 20/30, dan sebagainya. Selain peta standar yang ditampilkan, anda juga dapat menampilkan peta OSM pada perangkat GPS anda. Tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang ingin pengumpulan data secara lebih detail atau melakukan navigasi dengan menggunakan perangkat GPS Anda.

Panduan ini akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana Anda dapat mendownload peta OSM yang dapat ditampilkan pada perangkat GPS Garmin Anda.

A. Mendownload File Peta Garmin

  1. Buka http://garmin.openstreetmap.nl pada browser internet Anda dan tunggu beberapa saat hingga tampilan di bawah ini muncul.

1

2. Kemudian, sebelum mendownload, Anda harus menentukan jenis permintaan Anda terlebih dahulu.

2

  • Choose your map type: pilih Generic Routable

  • Include a TYP file (Optional): pilih Mapnik

  • Choose predefined country: pilih Asia > Indonesia

  • Perhaps you’d like to add some additional tiles?

Secara standar, ketika anda memilih negara, tampilan peta otomatis akan memblok seluruh wilayah Indonesia. Jika Anda tidak ingin mendownload satu negara secara penuh (Anda hanya ingin mendownload area tertentu saja), berikan tanda centang pada Enable manual tile selection. Kemudian klik Reset Selection untuk mengulang pilihan Anda. Kemudian Anda dapat mengklik salah satu atau lebih dari satu kotak yang tersedia pada tampilan peta untuk memilih area yang didownload.

3

  • Request your map or download it directly:

Kemudian, masukan alamat email Anda. Link atau alamat web untuk mendownload peta OSM Anda akan dikirimkan melalui email, jadi pastikan Anda memasukan alamat email Anda yang benar. Setelah itu, klik Build my map. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar di bawah ini:

4

3. Sekarang, bukalah inbox e-mail Anda. Anda akan mendapatkan e-mail sebagai berikut:

5

Artinya, permintaan Anda sedang diproses. Lamanya proses tergantung pada jumlah permintaan yang sedang ditangani oleh server. Anda dapat mengecek lama proses dengan mengklik link seperti pada gambar di atas (ditandai kotak).

6

4. Jika permintaan Anda telah selesai diproses, Anda akan mendapatkan email kedua yaitu seperti pada gambar berikut:

7

Klik pada link seperti di atas (ditandai box merah), kemudian Anda akan dibawa ke halaman download.

8

Catatan: Link ini hanya akan tersedia selama 72 jam setelah permintaan Anda selesai. Jadi, jika dalam 72 jam Anda tidak mendownload, maka link ini akan hilang dan Anda harus mengulang proses permintaan

5. Terdapat beberapa pilihan format peta OSM yang dapat Anda download. Jika Anda memiliki software Garmin MapSource atau Garmin BaseCamp, Anda dapat mendownload osm_generic_windows.exe jika Anda menggunakan OS Windows.

Anda disarankan mendownload dalam format osm_generic_gmapsupp.zip untuk digunakan dalam perangkat GPS Anda.

B. Memasukkan File gmapsupp.img ke dalam Perangkat GPS Garmin

1. Pastikan GPS Garmin Anda berada di Mode Garmin Serial/Mass Storage

2. Sambungkan GPS Garmin Anda dengan menggunakan kabel USB. Akses ke direktori MicroSD Anda (di sini misalnya H: > Garmin )

9

3. Anda akan menemukan file gmapsupp.img. Sekarang, backup file tersebut ke dalam My Document atau direktori apapun yang mudah ditemukan pada komputer Anda. File tersebut merupakan file peta yang ada dalam GPS Anda saat ini, dan Anda dapat memindahkannya ke dalam komputer Anda jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya kembali.

10

4. Sekarang ekstrak file osm_generic_gmapsupp.zip yang telah Anda download. Anda akan mendapatkan file gmapsupp.img. Copy file tersebut ke direktori MicroSD Anda (di sini misalnya H: > Garmin)

5. Cabut GPS Anda dari komputer, sekarang nyalakanlah perangkat GPS Anda. Peta standar dalam GPS Anda akan berubah menjadi peta OSM.

Selamat mencoba!

Comments are closed.