MeetUp Komunitas OpenStreetMap Indonesia 2014

MeetUp alias Kopi Darat Komunitas OpenStreetMap Indonesia yang pertama berjalan dengan cukup lancar. Meskipun di halaman MeetUp yang dibuat 22 orang menyatakan akan ikut serta, pada akhirnya yang hadir di Kantor HOT Indonesia pada tanggal 14 Desember 2014 adalah sebanyak 13 orang.

Acara dimulai pada pukul 14.45 WIB ketika Sindhunata membuka acara MeetUp dan mempersilahkan Yantisa Akhadi memberikan sepatah dua patah kata mengenai MeetUp ini. Berikutnya acara diambil alih oleh Harry Mahardika yang memutar berbagai video, seperti video perkenalan OSM dan video flashing digitasi di dunia dan Indonesia.

MEETUP

Muka-muka yang menghadiri MeetUp Komunitas OpenStreetMap Indonesia

Seraya memutar video Harry menjelaskan pada teman-teman yang hadir mengenai perbedaan HOT dan OSM. Juga mengenai harapan bahwa Komunitas OpenStreetMap Indonesia dapat berjalan sendiri dalam jangka waktu yang panjang dengan maupun tanpa kehadiran HOT. Kehadiran Komunitas OpenStreetMap Indonesia dalam jangka panjang sangat penting untuk menjaga praktek dan penggunaan pemetaan digital terbuka.
Acara ini dihadiri oleh Showika, Priadharma, Eka, Raharjo, Tiolas, Amin, Kate, Yantisa, Vasanthi, Adityo, Harry, Kristen, dan Sindhunata. Setelah pemutaran berbagai video yang sudah disebutkan di atas, kami berdiskusi tentang kebutuhan tiap-tiap orang pada OpenStreetMap, juga langkah apa yang selanjutnya dapat dilakukan oleh Komunitas OpenStreetMap Indonesia.

 

blog

Diskusi Komunitas OpenStreetMap Indonesia

Berbagai perhatian muncul mengenai OpenStreetMap, antara lain mengenai potensi OpenStreetMap untuk dikembangkan menjadi berbagai bentuk platform baru seperti peta transportasi digital, perbandingan OpenStreetMap dengan berbagai platform peta digital lainnya, memasukkan OpenStreetMap pada kurikulum mata pelajaran Geografi SMA, penggunaan OpenStreetMap untuk keterbukaan data pemerintah, dan potensi OpenStreetMap untuk mendukung konsep Smart City.

Diskusi kemudian diselingi dengan pemutaran video yang berisi pesan-pesan partisipan FOSS4G-Asia 2014 kepada Komunitas OpenStreetMap Indonesia dan juga HOT. Video ini dibuat oleh Harry dan Sindhunata khusus untuk diputar pertama kali di acara MeetUp Komunitas OpenStreetMap Indonesia yang pertama.

blog-2

Pembagian T-Shirt OpenStreetMap Indonesia untuk Anggota Komunitas

Setelah pemutaran video tersebut, diskusi pun dilanjutkan. Kali ini temanya mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Komunitas OpenStreetMap Indonesia pada pertemuan-pertemuan berikutnya. Beberapa ide muncul, seperti mapathon untuk mencari informasi umum mengenai nama-nama gedung di kawasan bisnis Jakarta, hotel-hotel di area turis di Jakarta, dan sebagainya. Semua sepakat bahwa terlepas dari segala kepentingan masing-masing dalam penggunaan OpenStreetMap, Komunitas OpenStreetMap Indonesia harus memiliki kegiatan rutin yang mempertemukan OpenStreetMapper di Indonesia.

Oleh karena itu, selanjutnya kita akan coba untuk melakukan mapathon, tunggu kabarnya di awal 2015!

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

Comments are closed.