Mapillary – OpenStreetView

Bagi Anda yang menyukai fotografi terutama mengumpulkan foto street view atau infrastruktur umum, kemudian mengupload atau menyimpan foto tersebut.  Anda dapat mengupload foto tersebut pada media yang berbeda dari sekedar media sosial saat ini. Tentunya Anda sudah mengenal dan mencoba street view yang ditampilkan ke dalam sebuah peta berbasis online. Tahukah Anda bahwa kita dapat membuat peta street view sendiri dari hasil foto dengan handphone dan kamera yang kita miliki. Hal itu sangat memungkinkan dengan menggunakan Mapillary. Syarat yang harus diperhatikan kamera dan handphone Anda harus memiliki aplikasi GPS, karena foto yang dihasilkan harus memiliki informasi koordinat (Geotagging).

Mapillary adalah sebuah komunitas, dimana Anda dapat berbagi dan mengeksplorasi foto terutama bagi yang menyukai foto street view. Bagi Anda yang mengambil foto dengan menggunakan handphone, Anda dapat mendownload aplikasi Mapillary secara gratis di AppStore, Google Play, dan Windows Phone. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini kita harus memiliki akun yang dapat didaftarkan di https://www.mapillary.com/map/signup,  kemudian akun tersebut juga dapat digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi handphone. Jika Anda tidak ingin mendaftarkan melalui email, ada beberapa pilihan untuk masuk ke dalam Mapillary, Anda dapat menggunakan akun facebook dan ArcGis. 

Sign-up Mapillary

Pendaftaran akun Mapillary

Melalui situs mapillary Anda dapat mengakses peta yang dilengkapi dengan foto street view dan bangunan infrastruktur umum. Hasil foto yang diupload melalui mapillary akan ditampilkan ke publik sehingga foto yang ditampilkan tidak boleh menampilkan informasi pribadi seperti identitas dan foto yang menampilkan wajah seseorang. Jika kita secara tidak sengaja mengambil informasi tersebut maka secara otomatis mapillary akan menyaring dan tidak akan dimunculkan atau akan dibuat blur dalam mapillary map. Anda dapat menelusuri peta mapillary dan arahkan ke wilayah yang Anda inginkan. Jika sudah ada street view pada wilayah Anda akan ditandai dengan garis berwarna hijau seperti gambar di bawah ini. Untuk menampilkan foto lebih detail, klik foto tersebut dan Anda seperti berjalan menelusuri jalur tersebut.

1-20-2016 11-07-33 AM

Mapillary Map

 

Selain itu, dalam situs mapillary juga terdapat panduan, informasi komunitas, blog, dan pengaturan profil. Jika Anda menggunakan kamera digital, Anda dapat mengupload foto tersebut di situs dengan cara klik profil akun di sudut kanan atas, dan pilih Manual upload.

Langkah selanjutnya kita akan beralih pada aplikasi Mapillary di handphone dan mendownload aplikasinya secara gratis, misalnya bagi Anda para pengguna android,  dapat men-download melalui play store. Aplikasi ini tidak berbayar dan sangat mudah digunakan.

Instalasi Mapillary

Instalasi Mapillary

 

Sebelum memulai menggunakan mapillary, Anda harus memastikan bahwa GPS handphone telah aktif.  Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi mapillary :

  • Buka aplikasi tersebut kemudian login terlebih dahulu dengan akun yang Anda daftarkan pada website mapillary, Anda juga dapat login dengan menggunakan akun facebook.

 

  • Ketika sudah berhasil login, akan tampak beberapa menu pada tampilan aplikasi seperti gambar di bawah ini. Jika Anda ingin memulai untuk mengambil foto klik Camera atau dapat klik ikon berwarna hijau di sudut kanan bawah.
Tampilan Awal

Tampilan Awal

  • Akan muncul tampilan kamera yang digunakan untuk mengambil gambar. Sebelum mengambil gambar, Anda dapat memilih pengaturan pengambilan gambar, klik ikon sepatu di sudut kanan bawah.
Tampilan Pengambilan Foto

Tampilan Pengambilan Foto

 

  • Anda dapat memilih mode pengambilan foto  sesuai dengan kondisi pada saat pengambilan, yaitu :
  1. Walking manual : mode pengambilan gambar dengan cara berjalan dan memotret secara manual dengan klik tombol warna hijau setiap Anda ingin mengambil gambar. Pengambilan foto disarankan secara horizontal dan tegak lurus dengan Anda berjalan.
  2. Walking, auto shot : mode pengambilan gambar dengan cara berjalan dan memotret secara otomatis dengan klik tombol warna hijau dan pengambilan foto akan terus menerus setiap dua detik, pengaturan waktu pengambilan foto dilakukan di setting – sequence frequency.
  3. Riding : mode pengambilan gambar dengan mengendarai mobil, pengambilan gambar dapat menggunakan suatu alat untuk memegang smartphone sehingga tidak mengganggu Anda dalam berkendara.
  4. Panorama : mode pengambilan gambar yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto dari berbagai sudut dengan mudah. Terdapat garis berwarna biru yang bergerak untuk mewakili daerah panorama Anda yang diambil, dengan garis merah yang menunjukkan arah Utara.
  • Setelah Anda menyesuaikan mode pengambilan gambar, mapillary siap digunakan untuk pengambilan foto. Klik tombol berwarna hijau untuk memulai, dan klik tombol merah untuk mengakhiri foto. Jika GPS handphone belum akurat kita tidak dapat mengambil foto, akan muncul pemberitahuan saat kita menekan tombol start. Anda dapat mengambil foto sebanyak apapun yang Anda inginkan, dan disarankan untuk mengambil di sisi kanan dan kiri jalan.
  • Untuk melihat hasil foto, Anda dapat membuka aplikasi mapillary dan klik Review sequences. Jika ada foto yang salah atau tidak ingin diupload ke mapillary dapat dihapus dengan klik gambar tersebut > klik simbol delete. Anda juga dapat menyimpan foto tersebut didalam direktori handphone dengan cara tekan foto tersebut sampai muncul simbol save > klik simbol tersebut.
Galeri Mapillary

Galeri Mapillary

  • Jika hasil foto sudah siap untuk di upload, klik Start upload now, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan dari mapillary untuk mengupload foto.
  • Tunggu beberapa saat, proses upload tergantung dari jumlah foto dan jaringan internet Anda.
  • Anda dapat melihat hasilnya di Menu Explore yang terdapat pada aplikasi Mapillary, dan arahkan peta di wilayah Anda. Ada dua data yang diupload oleh mapillary yaitu jalur dan foto. Jalur yang Anda lalui akan ditandai dengan garis berwarna biru pada peta.
Screenshot_2016-01-20-14-23-03

Navigasi Peta Hasil

  • Untuk melihat foto street view yang telah Anda upload, Anda klik garis berwarna biru tersebut. Akan muncul tampilan foto dan gerakkan dengan tanda panah di foto tersebut untuk seolah-olah berjalan di jalur tersebut. Tanda arah panah disesuaikan dengan foto yang kita ambil, pada gambar di bawah ini foto diambil tegak lurus dengan arah berjalan.
Screenshot_2016-01-20-14-20-35

Gambar detail

Selain melalui aplikasi, Anda juga dapat membuka peta di situs https://www.mapillary.com/map/search/.

1-20-2016 2-56-03 PM

Navigasi Peta di website

Selain digunakan untuk menampilkan street view, hasil foto Mapillary dapat juga digunakan sebagai sumber informasi dalam menambahkan data OSM. Anda dapat menggunakan editor JOSM kemudian foto tersebut dideskripsikan untuk form isian di presets objek OSM. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki waktu survey yang terbatas. Misalnya untuk informasi kondisi jalan, nama jalan, dan informasi bangunan (struktur bangunan, jumlah lantai, nama bangunan). Berikut langkah-langkah untuk menggunakan mapillary sebagai sumber informasi data OpenStreetMap :

  • Download plugin Mapillary di JOSM Anda, dengan klik Edit > Preferences > Plugin > Search Mapillary
Mapillary plugin

Mapillary plugin

  • Jika foto tersebut belum diupload, Anda dapat membuka foto tersebut dengan memindahkan ke dalam laptop atau komputer Anda, kemudian buka foto tersebut melalui JOSM dengan klik File > Import pictures
Import pictures

Import pictures

  • Foto – foto tersebut akan terbuka sebagai data layer dan Anda dapat langsung mengupload ke Mapillary dengan klik File > Upload pictures, tetapi sebelumnya Anda harus login dengan akun Mapillary dengan cara klik Edit > Preferences > Display Settings > Mapillary > Login.
Access to Mapillary

Access to Mapillary

  •  Untuk menginput sumber informasi dari foto tersebut ke dalam OSM, Anda dapat mendownload data OSM dengan cara File > Download from OSM > sesuaikan dengan wilayah survey Anda > OK, akan muncul dalam layer baru hasil download OSM. Sekarang Anda memiliki dua layer yaitu layer Mapillary dan layer data OSM.
Mapillary dan OSM

Mapillary dan OSM

Untuk memunculkan foto seperti gambar diatas, klik Menu Windows > Mapillary Pictures, kemudian klik salah satu simbol Mapillary yang berwarna hijau, maka foto tersebut akan muncul tepat di jendela Mapillary pictures.

  • Sekarang Anda dapat mulai memasukkan data OSM yang bersumber dari foto tersebut, dengan melihat foto dan mendeskripsikan informasinya ke dalam presets. Misalnya pada gambar diatas kita mendapatkan informasi kondisi jalan dan fasilitas umum yang ada di taman tersebut.
  • Setelah selesai memasukkan data OSM, Anda dapat mengupload data tersebut dengan klik File > Upload data.

 

Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.