Mapathon Gunungapi Rinjani

Dalam rangka memperingati osmgeoweek, pada 14 – 21 November 2015, Humanitarian OpenStreetMap Team menyelenggarakan kegiatan mapathon yang diikuti oleh 100 komunitas di berbagai negara dengan total 1.300 mapper. Mapathon adalah kegiatan pemetaan secara partisipatif di suatu wilayah yang membutuhkan peta dan prioritas di wilayah bencana. Untuk ikut serta dalam osmgeoweek tersebut, Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia bekerjasama dengan Wikimedia Indonesia melakukan pemetaan di wilayah bencana Gunungapi Rinjani.

Gunungapi Rinjani merupakan gunung api tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan termasuk gunung api aktif di Indonesia. Pada 28 Oktober 2015 Gunung Api Barujari yang merupakan bagian dari Gunung Api Rinjani mengalami letusan yang hingga kini status nya masih Level II (Waspada).  Lokasi gunung tersebut berada di sekitar pemukiman yang padat penduduk dan hanya sedikit terpetakan. Oleh karena itu, dalam mapathon diharapkan wilayah disekitar Gunungapi Rinjani dapat dipetakan secara lengkap yang berfokus pada pemetaan bangunan dan infrastuktur jalan.

Kegiatan mapathon Gunungapi Rinjani dilaksanakan tanggal 21 November 2015 bertempat di Kantor Wikimedia Indonesia, dengan peserta berjumlah 10 orang. Para peserta berasal dari anggota Wikimedia Indonesia, Ford Foundation, dan NGO. Pelaksanaan kegiatan mapathon diawali dengan pelatihan OSM tingkat dasar yang terdiri dari pengenalan OSM, pengoperasian iD Editor, pengoperasian JOSM, dan penggunaan Tasking Manager.

rinjani training

Kegiatan Mapathon

Setelah pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan Mapathon Gunungapi Rinjani dengan menggunakan Tasking Manager. Kegiatan mapathon dilakukan dengan Tasking Manager untuk memudahkan pemetaan dalam sebuah area secara terorganisir. Mekanisme menggunakan Tasking Manager, setiap peserta dapat mengambil satu grid untuk mendigitasi bangunan dan jalan dengan editing menggunakan JOSM.

Tasking Manager Gunungapi Rinjani

Tasking Manager Gunungapi Rinjani

Bagi pengguna OSM yang tidak bisa hadir dalam pelatihan, mereka masih bisa ikut serta dalam kegiatan mapathon dengan remote menggunakan Tasking Manager. Pada kegiatan mapathon Gunungapi Rinjani, sebanyak 2.629 bangunan, 11.223 nodes (titik), 2.679 garis, dan 29 jalan dapat dipetakan. Anda dapat melihat hasil tersebut pada website http://resultmaps.neis-one.org/osm-changesets dengan memasukkan hashtag #rinjanimapping.

Happy Mapping 🙂

Peserta Mapathon

Peserta Mapathon

Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.