Kopi Darat Komunitas bulan April 2015

Pada bulan April 2015, Humanitarian OpenStreetMap Team – Indonesia (HOT-ID) bersama dengan Komunitas OpenStreetMap Team Indonesia kembali mengadakan Kopi Darat bulanan untuk para penggiat dan penggila OpenStreetMap di wilayah Jabodetabek. Pada acara bulan ini, kita akan mempelajari tentang cara mengedit di OpenStreetMap serta melihat demo InaSAFE, sebuah perangkat lunak skenario kebencanaan yang dibuat dalam konteks Indonesia.

Poster MeetUp

Mempelajari cara mengedit di OpenStreetMap sangat berguna bagi kamu yang belum mengerti cara berkontribusi di OSM, atau sudah mengerti tapi belum terlalu lancar dalam melakukan hal ini. Pada sesi ini, kamu akan belajar cara mengedit data di OpenStreetMap.org dengan menggunakan iDEditor (in-browser editor) dan JOSM (Java OpenStreetMap) Editor.

Yang kamu butuhkan untuk sesi ini hanyalah seperangkat laptop, mouse, dan antusiasme! 🙂

InaSAFE

Selain pelatihan OpenStreetMap, trainer dari Humanitarian OpenStreetMap Team – Indonesia (HOT-ID) juga akan memberikan demo dari sebuah software opensource kebencanaan bernama InaSAFE (www.inasafe.org). Software ini telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir oleh kooperasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), AIFDR (Australia-Indonesia Facility in Disaster Reduction), dan GFDRR (Global Facility for Disaster Reduction and Recovery).

Bagaimana software SIG opensource dapat membantu upaya penanggulangan bencana? Apa posisi OpenStreetMap dalam upaya ini? Demo InaSAFE akan menunjukkannya. 🙂

Kamu bisa mendaftar pada halaman ini: bit.ly/osm-april2015

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

2 Comments

  1. Steven Johnson berkata:

    This is great. How did the meetup go?