Kopi Darat Bulan April 2015: Belajar OSM dan Memahami InaSAFE

Pada tanggal 26 April 2015, Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia (HOT-ID) bersama Komunitas OpenStreetMap Indonesia, mengadakan kopi darat bulanan (April 2015) di Kantor HOT-ID. Pada kopi darat bulan ini, trainer HOT-ID berbagi cara mengedit data OpenStreetMap dengan menggunakan iDEditor dan JOSM, serta melakukan demo InaSAFE. Demo InaSAFE ini meliputi penjelasan tentang apa kegunaan InaSAFE, cara pengoperasian InaSAFE, serta bagaimana InaSAFE dan OpenStreetMap memiliki hubungan yang erat dan vital.

Sesi pertama dari kopi darat yang dihadiri oleh enam peserta ini dimulai dengan pengenalan OpenStreetMap serta cara berkontribusi ke dalamnya. Sesi tersebut dibawakan oleh trainer HOT-ID, Harry Mahardhika. Beberapa peserta pernah mengikuti rangkaian University Roadshow yang diadakan oleh HOT-ID pada tahun 2014, sehingga mereka menggunakan kesempatan ini untuk memperlancar kemampuan mengedit data OpenStreetMap mereka.

DSC04107

Makan Siang bersama di Taman Lawang

Setelah sesi mengedit OpenStreetMap, beberapa peserta dan trainer HOT-ID pergi makan siang ke Taman Lawang. Pada kesempatan ini trainer dan peserta kopi darat mendapat kesempatan untuk saling mengobrol mengenai berbagai macam topik, dari OpenStreetMap hingga Ilmu Geografi pada umumnya.

DSC_0013

Wulan Khairunisa Memperkenalkan InaSAFE 

Selepas makan siang, kami kembali berkumpul di kantor HOT-ID untuk melanjutkan aktivitas berikutnya, yaitu demo InaSAFE. Aktivitas ini dibawakan oleh trainer HOT-ID, Wulan Khairunisa. Salah seorang peserta yaitu Rina (UNESCO Jakarta) mengaku sudah sering mendengar InaSAFE, tetapi tidak paham sepenuhnya tentang apa itu InaSAFE. Meskipun demikian, setelah demo InaSAFE dilakukan oleh Wulan, ia mengaku mendapat gambaran yang  lebih jelas mengenai InaSAFE, dan bagaimana OpenStreetMap terhubung erat dengan InaSAFE.

tweet

Salah Satu Tweet dari Peserta Kopi Darat

Kopi darat bulan April 2015 ini ditutup dengan tradisi foto bersama, tentu saja dengan OSM fingers pose!

DSC_0041Terima kasih dan datang kembali!

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

Comments are closed.