Sosialisasi InaSAFE untuk Perwakilan BPBD

Screen Shot 2014-05-14 at 2.21.54 PM

Pada kegiatan kali ini Humanitarian OpenStreetMap Indonesia (HOT) melakukan sosialisasi kepada beberapa perwakilan BPBD Kabupaten di Indonesia. Di dalam sosialisasi kali ini HOT menjelaskan apa itu InaSAFE dan apa fungsinya di dalam manajemen kebencanaan serta melakukan praktik singkat bagaimana menggunakan InaSAFE. Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian acara di dalam Pelatihan Manajemen Bencana yang diadakan oleh BNPB dari tanggal 6 – 9 Mei 2014 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB, Sentul, Jawa Barat.

Acara sosialisasi dimulai dengan pre test kepada para peserta untuk mengetahui apakah mereka sudah mengetahui atau menggunakan InaSAFE sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang InaSAFE baik pengertiannya, konsep InaSAFE hingga fungsi serta fitur-fitur yang dapat digunakan di dalam InaSAFE itu sendiri. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan QGIS serta praktik sederhana menggunakan QGIS dan dilanjutkan dengan praktik singkat menggunakan InaSAFE. Dalam praktik menggunakan QGIS maupun InaSAFE para peserta dibagi ke dalam 3 kelompok yang dimana masing-masing kelompok terdiri dari 12-13 orang dan dimana setiap kelompok dipandu oleh 1 trainer dari HOT. Kegiatan sosialisasi ini kemudian ditutup dengan post-test kepada peserta. Secara umum para peserta berpendapat bahwa InaSAFE sangat membantu dalam melakukan manajemen penanganan bencana serta mudah untuk digunakan; akan tetapi beberapa peserta berpendapat InaSAFE masih sulit untuk digunakan oleh mereka.

Secara keseluruhan acara berlangsung dengan lancar dan para peserta terlihat cukup antusias dalam mengikuti tiap sesi yang ada, baik itu sesi presentasi maupun sesi praktik. Para peserta berharap agar kegiatan sosialisasi ini dapat ditindaklanjuti untuk kedepannya agar para peserta bisa lebih memahami serta dapat diberikan pelatihan mendalam untuk menggunakan InaSAFE di wilayah mereka.

Harry Mahardhika
Harry Mahardhika
Anggota Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia. Geografi Universitas Indonesia angkatan 2009.

Comments are closed.