INFO KEGIATAN: Jogja Mapathon, OpenStreetMap Mapathon Pertama di Indonesia

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) akan mengadakan OpenStreetMap (OSM) Mapathon. Mapathon merupakan acara yang mempertemukan developer OpenStreetMap, kontributor, komunitas secara bersama untuk belajar, berkontribusi dan menggunakan OSM dalam kehidupan sehari-hari. Untuk manfaat yang lebih besar lagi, pengetahuan dalam pengoperasian OSM akan membantu mempermudah perencanaan kontinjensi bencana. Apa saja yang akan dilakukan dan dibahas dalam Mapathon perdana di Indonesia ini? Bagaimana cara berpartisipasi? Silahkan membaca post kami berikut ini.

Detail Kegiatan
Hari, Tanggal: Sabtu, 29 Maret 2014
Tempat: Jogja Digital Valley
Jam: 08.00-16.00

Narasumber:
Humanitarian OpenStreetMap Team

Rundown Acara
Sesi I :
– Pengenalan OSM, Membuat Akun OSM, dan Edit Data dengan iD Editor
– Coffee Break
Sesi II :
– Pengenalan JOSM dan cara menambahkan data dengan JOSM
– Digitasi dengan JOSM atau OpenID melalui Tasking Manager
Istirahat
Sesi III
– Menampilkan Peta OSM secara Online

Cara Pendaftaran
Silahkan akses halaman pendaftaran berikut ini
HTM: Rp. 20.000,-
Pembayaran dilakukan melalui transfer ke nomer rekening dibawah ini :
BCA : 8130 2372 41
An : Elvanisa Ayu Mushier
Setelah mendaftar dan melakukan transfer, silakan konfirmasi ke email dibawah ini dengan melampirkan tiket pendaftaran dan bukti transfer.
Email : humas@jogja.linux.or.id

Sekilas Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia
Proyek OSM dimulai di 2004 dan bertujuan untuk membuat peta dunia yang bebas dan dapat diedit oleh siapa saja. Humanitarian OpenStreetMap Team pertama kali hadir di Indonesia tahun 2011 dalam proyek awal pemetaan berbasis komunitas atas kerjasama dengan Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction. Tujuan utama proyek ini adalah untuk memetakan keterpaparan, sebagai salah satu komponen dalam penanggulangan bencana, menggunakan OSM. Dalam perjalanannya OSM juga bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), universitas dan instansi pemerintah untuk menyebarluaskan peta OSM sebagai piranti yang sangat efektif dalam pengambilan keputusan.
Mapathon telah dilakukan berulang kali di berbagai negara di dunia (contoh di Amerika) untuk menyebarluaskan penggunaan OSM di wilayah mereka.

Cara Lain untuk Berpartisipasi
Apabila Anda tidak sedang berdomisili di Yogyakarta, kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada Anda dan komunitas Anda untuk menjadi partner kami dalam penyelenggaraan Mapathon di kota Anda. Silahkan email inisiatif / tawaran kerjasama Anda melalui team.id@hotosm.id. Anda juga bisa terus memantau aktivitas dalam Jogja Mapathon melalui hashtag #petakanIndonesia. Bagi Anda yang pemula, silahkan mengakses tautan berikut ini untuk mempelajari cara penggunaan OSM secara independen.

JOGJA MAPHATON

Biondi Sima
Biondi Sima
Biondi is a Communications Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied International Economic Policy and Sustainable Development in SciencesPo Paris and Peking University Beijing.

Comments are closed.