Hot-Export kini dengan wajah dan fitur baru!

Hot-Export kini tampil dengan wajah dan fitur baru! Pada prinsipnya, Hot-Export digunakan untuk mengekstrak data dari OpenStreetMap dalam berbagai format, misalnya Shapefile (shp) untuk diolah dalam software GIS. Nah, kali ini Hot-Export baru saja merilis versi terbaru yang diharapkan lebih stabil.

Kali ini, Anda diharuskan memiliki akun Hot-Export (tidak sama dengan akun OpenStreetMap/email anda). Cara membuatnya sangat mudah. Pastikan anda memiliki alamat e-mail yang masih berlaku.

1. Silahkan buka http://hot-export.geofabrik.de pada web browser anda (misalnya Chrome/Firefox/IE). Kemudian, di pojok kiri bawah, klik pada tulisan “Create Account”

1

2. Masukan email anda yang berlaku, dan juga kata kunci (password) yang diinginkan pada baris kedua dan ketiga (password harus sama). Informasi ini harus diingat setiap kali anda ingin mengakses Hot-Export!

2

 

3. Kemudian, yang harus anda lakukan adalah membuka inbox email anda. Di sini saya contohkan email saya adalah gmail, berarti saya akses email saya melalui gmail.com. Ketika anda sudah login, anda akan menemukan sebuah email masuk dari hot-export seperti pada gambar di bawah ini.

3

4. Klik pada email tersebut, dan anda akan tulisan “Confirm my account”, silahkan klik pada tulisan tersebut untuk konfirmasi.

4

 

5. Selanjutnya, anda akan dibawa kembali ke halaman Hot-Export. Dan seperti biasa, anda dapat mulai mengeksport dengan mengklik “New Job”.

5

 

 

Fungsi Tambahan

Jika diperhatikan pada panel bawah, anda dapat menemukan fitur-fitur tambahan seperti:

Preset file: anda dapat mengupload file preset (.xml) jika anda hanya ingin mendownload atribut tertentu secara spesifik berdasarkan preset yang anda gunakan

Tag transform SQL Files: anda dapat mengupload perintah SQL (spatialite) untuk mengkustomisasi output eksport anda, misalnya membuat kolom database baru, menggabungkan kolom, dsb. Misalnya:

alter table planet_osm_point add column testcolumn varchar;
update planet_osm_point set testcolumn=amenity;

Translation tables: anda dapat mengupload tabel terjemahan untuk menerjemahkan value (nilai) dari atribut. Tidak berlaku untuk menerjemahkan key. Jadi, ketika anda membuka tabel atribut dari suatu layer, secara otomatis, value (nilai) akan diterjemahkan sesuai file translation tables yang kita upload. Translation tables dapat berupa file .txt (dibuat di notepad) sederhana dimana satu baris berisi satu value yang ingin diterjemahkan, misalnya sbb:

residential     permukiman
primary         jalan nasional
secondary       jalan provinsi
tertiary        jalan kabupaten

Atau, anda dapat menuliskannya dalam format sebagai berikut:

building=yes             bangunan
building=residential     rumah hunian
highway=primary          jalan nasional
highway=secondary        jalan provinsi

Anda dapat mengupload ketiga jenis file tersebut setelah anda log in ke Hot-Export. Klik “New Upload” untuk mengupload preset/tag transform SQL/translation tables.

6

 

 

 

Comments are closed.