Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Preset sebagai identitas objek dalam OpenStreetMap

Ketika kita memetakan sebuah objek di dalam OpenStreetMap, kita harus memberikan sebuah identitas terhadap objek tersebut. Identitas ini diperlukan untuk mengetahui informasi suatu objek, apakah objek tersebut merupakan sebuah masjid, sekolah, rumah sakit, atau objek lainnya.

Dalam OpenStreetMap, identitas yang diberikan pada suatu objek dapat diberikan melalui preset. Preset adalah suatu informasi spesifik yang dapat diberikan kepada suatu objek. Dalam OpenStreetMap, para pengguna diberikan begitu banyak pilihan informasi terhadap suatu objek, mulai dari bangunan rumah hingga air terjun dapat kita pilih.

Sangat penting bagi sebuah objek untuk diberikan identitas. Jika tidak, OpenStreetMap akan mengidentifikasi objek tersebut sebagai suatu kekeliruan. Tentunya hal ini perlu kita hindari untuk menghasilkan data spasial yang berkualitas.

OpenStreetMap menyediakan begitu banyak pilihan preset. Namun perlu diingat bahwa preset yang diberikan mengacu pada kondisi global di seluruh dunia. Jadi, pada preset bawaan (default) OpenStreetMap, Anda tidak akan menemukan preset untuk mengidentifikasi objek seperti bidan, madrasah, maupun objek lain yang hanya ada di Indonesia.

Oleh karena itu, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia telah membuat preset khusus yang disesuaikan dengan objek-objek di Indonesia. Perbedaan yang paling mencolok adalah preset Indonesia sudah menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga akan semakin memudahkan para pengguna untuk memberikan identitas bagi suatu objek.

Untuk dapat menggunakannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silakan anda download preset OSM versi Indonesia disini: Download Preset OSM Indonesia dengan cara klik kanan, kemudian Save as/simpan sebagai. Simpan file tersebut di lokasi yang mudah ditemukan oleh Anda
  2. Setelah itu, silakan Anda buka aplikasi Java OpenStreetMap (JOSM). Apabila Anda diminta untuk melakukan update, Anda dapat melewatinya
  3. Ikuti langkah-langkah memasukan preset ke dalam JOSM seperti yang tertulis pada modul OpenStreetMap di bawah ini:
  4. Jika sudah berhasil menambahkan, klik “OK”. JOSM akan meminta Anda untuk me-restart aplikasi. Setelah Anda me-restart JOSM, preset Indonesia telah berhasil ditambahkan ke dalam JOSM Anda!