Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Pengumuman Pemenang

Kami ucapkan selamat kepada tim  Space Time dari Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berhasil keluar sebagai juara 1 dalam kompetisi University Battle Mapping 2017 . Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada Empire State dari Institut Teknologi Bandung dan Gadjah Mada Mapping dari Universitas Gadjah Mada  yang berhasil keluar sebagai juara 2 dan juara 3.

Apresiasi dan terimakasih juga kami ucapkan kepada seluruh tim peserta yang telah berkontribusi secara aktif dalam kompetisi dan turut memetakan dalam kompetisi ini. Semoga setelah kompetisi ini, seluruh teman-teman dari universitas masih tetap memetakan menggunakan OpenStreetMap untuk membantu melengkapi data spasial yang ada di Indonesia. Partisipasi kalian dalam memetakan akan sangat bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

Seluruh hasil penghitungan dapat dilihat di link berikut : Hasil Penghitungan



Babak Final Berakhir!

Babak final kompetisi University Battle Mapping 2017 resmi ditutup!

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tim, khususnya 11 tim terbaik yang telah berkompetisi pada babak final. Terimakasih atas atensi dan juga semangat kalian dalam memetakan menggunakan OpenStreetMap. Dengan keikutsertaan kalian dalam kompetisi ini, kalian juga turut berkontribusi dalam menyediakan data spasial yang baik dan akurat di Indonesia, terkhususnya di daerah kalian masing-masing.

Setelah ini, kami selaku penyelenggara akan melakukan rekapitulasi dan pengecekan terhadap data yang telah berhasil kalian input. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 17 November 2017 di acara OSMGeoWeek @atamerica.

Jangan lupa untuk terus pantau aktifitas social media kami untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi yang akan datang.

Let’s show your skill through mapping!

#unibattlemapping



Validasi

Apa itu validasi?

OpenStreetMap merupakan sebuah wadah pemetaan gratis dan bersifat terbuka, sehingga semua orang bebas untuk memetakan, memasukkan data, bahkan memodifkasi data yang telah ada. Karena adanya keterbukaan seperti itu, perlu adanya upaya untuk menjamin kualitas data yang masuk ke dalam OpenStreetMap.

Validasi merupakan sebuah cara untuk menjamin kualitas data dari seluruh objek yang telah dimasukkan ke dalam OpenStreetMap. Dengan adanya metode validasi di dalam OpenStreetMap, adanya kesalahan-kesalahan data yang dimasukan dalam OpenStreetMap dapat diketahui dan dapat diperbaiki. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan validasi di dalam OpenStreetMap.

 

Apa saja jenis kesalahan yang muncul ketika melakukan validasi?

Error

Error merupakan jenis kesalahan yang wajib dan harus sesegera mungkin diselesaikan. Jenis kesalahan ini sangat penting untuk diselesaikan karena apabila tidak segera diselesaikan akan menyebabkan kerusakan data di OpenStreetMap.

Warning

Warning merupakan jenis kesalahan yang sering muncul ketika Anda melakukan validasi. Berbeda dengan Error, kesalahan jenis ini masih dapat diabaikan.

 

Bagaimana cara menyelesaikan Error dan Warning?

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul saat melakukan validasi, yaitu:

Error

Kesalahan jenis ini dapat segera diselesaikan secara otomatis dengan cara memilih tombol “Fix” yang ada pada jendela validation tools.

Warning

Kesalahan jenis ini tidak dapat diselesaikan secara otomatis seperti pada Errors. Pada umumnya, kesalahan jenis ini harus diselesaikan secara manual dan perlu beberapa Teknik untuk dapat menyelesaikannya. Silakan buka kembali modul tutorial OSM yang telah kami berikan sebelumnya.

 

Mengapa Validasi penting dalam kompetisi ini?

Seperti diketahui sebelumnya bahwa dalam kompetisi ini poin pengurangan berasal dari adanya error ataupun warning. Hal ini dibuat untuk menghindari adanya data yang kurang baik dalam perlombaan. Sebagai contoh, perhatikan gambar berikut:

Bayangkan apabila kejadian seperti di gambar terjadi pada tim Anda. Perlu diingat juga bahwa pengurangan poin untuk kesalahan error adalah -2, sedangkan warning adalah -1. Jangan sampai poin yang telah Anda hasilkan menjadi sia-sia karena adanya kesalahan ini. Untuk itu, setiap tim diberikan waktu selama 2 hari untuk melakukan validasi. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengurangi kesalahan tersebut.

 



Daftar Tasking per Universitas

Berikut daftar tasking yang akan dikerjakan oleh setiap universitas. Silakan klik pada link yang telah disediakan untuk melihat taskingnya. Setiap tasking terdiri dari puluhan hingga ratusan grid/kotak. Masing-masing tim diperbolehkan mengerjakan grid mana saja di dalam tasking yang telah ditentukan. Apabila masih ada pertanyaan, silakan didiskusikan via Grup Facebook “Uni-Battle Mapping”.

Kami ucapkan selamat kepada seluruh tim yang telah berhasil melaju ke babak final. Babak Final akan mempertemukan seluruh tim terbaik dari masing-masing universitas yang akan diadu kembali kemampuan pemetaannya menggunakan OpenStreetMap. Secara garis besar, seluruh peraturan dan teknis penilaian masih sama dengan babak eliminasi. Adapun peraturan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan babak final akan dimulai pada 23 Oktober (pukul 00.01) hingga 29 Oktober (23.59) .
  2. Setiap tim DILARANG mengerjakan di luar waktu yang telah ditentukan. Apabila melanggar, kami akan mendiskualifikasi tim tersebut.
  3. Setiap tim wajib memetakan melalui Tasking Manager yang telah disediakan.
  4. Pemetaan hanya dilakukan dengan menggunakan JOSM.
  5. Setiap tim wajib melakukan pemetaan menggunakan akun OpenStreetMap yang telah didaftarkan pada saat registrasi.
  6. Akun OpenStreetMap masing-masing anggota tim tidak boleh digunakan oleh orang lain di luar tim
  7. Waktu pengerjaan babak eliminasi adalah 7 hari, terdiri dari 5 hari digitasi dan 2 hari validasi.
  8. Selama masa validasi, para peserta masih diperbolehkan untuk memetakan.
  9. Setiap tim WAJIB melakukan validasi untuk menghindari risiko pengurangan poin dari errors dan warnings.
  10. Setiap tim hanya diperkenankan untuk memetakan pada waktu yang telah ditentukan.
  11. Apabila terdapat tim yang memetakan di luar batas waktu yang ditentukan, tim tersebut akan langsung didiskualifikasi dari kompetisi.

Silahkan petakan objek-objek yang telah ditentukan di bawah ini:

  1. Building/bangunan
  2. Highways/jalan
  3. Amenity/amenitas

Sistem penambahan dan pengurangan poin akan berlaku di sini. Untuk informasi poin, silakan cek di openstreetmap.id/battlemap.

 

Instruksi

Sebelum mulai memetakan, setiap tim wajib untuk membaca artikel mengenai Preset dan Pergeseran Citra Satelit (Imagery Offset) dan Ketentuan Babak Final terlebih dahulu!
  1. Silakan login menggunakan akun OpenStreetMap masing-masing.
  2. Pilih tasking yang telah diberikan kepada masing-masing tim sesuai dengan domisili universitas.
  3. Silakan buka software JOSM sebelum memilih kotak/grid yang ingin dipetakan.
  4. Pilih satu kotak/grid yang ingin dipetakan.
  5. Klik tombol “Start Mapping”, kemudian pilih “Edit with JOSM”.
  6. JOSM akan otomatis memuat data peta sesuai dengan kotak/grid yang telah dipilih.
  7. Mulai petakan sesuai dengan kenampakan citra satelit.
  8. Citra satelit yang digunakan adalah: Digital Globe Premium Imagery”.
  9. Lihat panduan mengenai imagery offset pada website kami.
  10. Petakan seluruh objek yang belum dipetakan secara teliti.
  11. Setelah selesai, silakan upload hasil pemetaan.
  12. Saat upload, pada kolom komentar wajib ditulis #unibattlemapping, nama akun OSMnya dan angka offset imagery-nya (lihat di sini). Misal: #unibattlemapping #nurcahyo #offset: 4.78; 2.09
  13. Apabila seluruh objek telah dipetakan, pilih “Unlock” dan silakan pilih kotak/grid lain untuk dipetakan.
  14. Apabila dalam suatu kotak/grid tidak terdapat objek yang dapat dipetakan (contoh: hanya hutan saja), silakan pilih “Unlock” dan tulis dalam komentar, misalnya: “Tidak terdapat bangunan”.
  15. Catatan: Setelah memilih kotak/grid, kotak/grid tersebut akan menjadi milik akun tersebut selama 120 menit. Untuk menghindari konflik data, usahakan jangan sampai memetakan melewati waktu 120 menit. Untuk menyiasati ketika batas waktu hampir habis, silakan pilih “Unlock” kemudian pilih kembali kotak/grid yang sama. Waktu akan berubah menjadi 120 menit kembali.
  16. Selamat bertanding!






Klasemen Sementara Babak Eliminasi

 



Daftar Tasking per Universitas

Berikut daftar tasking yang akan dikerjakan oleh setiap universitas. Silakan klik pada link yang telah disediakan untuk melihat taskingnya. Setiap tasking terdiri dari puluhan hingga ratusan grid/kotak. Masing-masing tim diperbolehkan mengerjakan grid mana saja di dalam tasking yang telah ditentukan. Apabila masih ada pertanyaan, silakan didiskusikan via Grup Facebook “Uni-Battle Mapping”.

 

Selamat bagi seluruh tim yang telah berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Pada tahap ini, kalian akan mulai memetakan untuk melihat kemampuan masing-masing tim dalam mememetakan menggunakan OpenStreetMap. Adapun peraturan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan babak eliminasi akan dimulai pada 4 Oktober (pukul 00.01) hingga 8 Oktober (23.59) .
  2. Setiap tim DILARANG mengerjakan di luar waktu yang telah ditentukan. Apabila melanggar, kami akan mendiskualifikasi tim tersebut.
  3. Setiap tim wajib memetakan melalui Tasking Manager yang telah disediakan.
  4. Pemetaan hanya dilakukan dengan menggunakan JOSM.
  5. Setiap tim wajib melakukan pemetaan menggunakan akun OpenStreetMap yang telah didaftarkan pada saat registrasi.
  6. Akun OpenStreetMap masing-masing anggota tim tidak boleh digunakan oleh orang lain di luar tim
  7. Waktu pengerjaan babak eliminasi adalah 5 hari, terdiri dari 3 hari digitasi dan 2 hari validasi.
  8. Selama masa validasi, para peserta masih diperbolehkan untuk memetakan.
  9. Setiap tim hanya diperkenankan untuk memetakan pada waktu yang telah ditentukan.
  10. Apabila terdapat tim yang memetakan di luar batas waktu yang ditentukan, tim tersebut akan langsung didiskualifikasi dari kompetisi.

Silahkan petakan objek-objek yang telah ditentukan di bawah ini:

  1. Building/bangunan
  2. Highways/jalan
  3. Amenity/amenitas

Sistem penambahan dan pengurangan poin akan berlaku di sini. Untuk informasi poin, silakan cek di openstreetmap.id/battlemap.

 

Instruksi

Sebelum mulai memetakan, setiap tim wajib untuk membaca artikel mengenai Preset dan Pergeseran Citra Satelit (Imagery Offset) terlebih dahulu!

Sebelum mulai memetakan, setiap tim wajib untuk membaca artikel mengenai Preset dan Pergeseran Citra Satelit (Imagery Offset) terlebih dahulu!

  1. Silakan login menggunakan akun OpenStreetMap masing-masing.
  2. Pilih tasking yang telah diberikan kepada masing-masing tim sesuai dengan domisili universitas.
  3. Silakan buka software JOSM sebelum memilih kotak/grid yang ingin dipetakan.
  4. Pilih satu kotak/grid yang ingin dipetakan.
  5. Klik tombol “Start Mapping”, kemudian pilih “Edit with JOSM”.
  6. JOSM akan otomatis memuat data peta sesuai dengan kotak/grid yang telah dipilih.
  7. Mulai petakan sesuai dengan kenampakan citra satelit.
  8. Citra satelit yang digunakan adalah: Digital Globe Premium Imagery.
  9. Lihat panduan mengenai imagery offset pada website kami.
  10. Petakan seluruh objek yang belum dipetakan secara teliti.
  11. Setelah selesai, silakan upload hasil pemetaan.
  12. Saat upload, pada kolom komentar wajib ditulis #unibattlemapping, nama akun OSMnya dan angka offset imagery-nya (lihat di sini). Misal: #unibattlemapping #nurcahyo #offset: 4.78; 2.09
  13. Apabila seluruh objek telah dipetakan, pilih “Unlock” dan silakan pilih kotak/grid lain untuk dipetakan.
  14. Apabila dalam suatu kotak/grid tidak terdapat objek yang dapat dipetakan (contoh: hanya hutan saja), silakan pilih “Unlock” dan tulis dalam komentar, misalnya: “Tidak terdapat bangunan”.
  15. Catatan: Setelah memilih kotak/grid, kotak/grid tersebut akan menjadi milik akun tersebut selama 120 menit. Untuk menghindari konflik data, usahakan jangan sampai memetakan melewati waktu 120 menit. Untuk menyiasati ketika batas waktu hampir habis, silakan pilih “Unlock” kemudian pilih kembali kotak/grid yang sama. Waktu akan berubah menjadi 120 menit kembali.

 



 

 

 


Selamat!

Kami ucapkan selamat kepada seluruh tim yang telah lolos tahap seleksi awal. Terimakasih atas atensi dan juga semangat dari seluruh peserta yang telah mendaftarkan timnya pada kompetisi University Battle Mapping 2017. Bagi tim yang belum lolos, kami ucapkan banyak terimakasih atas keikutsertaannya pada kompetisi ini. Semoga ke depannya selurut peserta dapat tetap menyebarkan semangat pemetaan menggunakan OpenStreetMap.

Selanjutnya, seluruh tim yang telah lolos akan dibagi ke dalam dua tahap, yaitu babak eliminasi (elimination round) dan babak final (final round). Bagi universitas yang hanya mengirimkan satu tim (atau mengirimkan lebih dari satu tim tetapi hanya satu tim yang lolos dari tahap seleksi awal), tim tersebut berhak langsung masuk ke babak final. Sedangkan bagi universitas lain yang mengirimkan lebih dari satu tim, maka diwajibkan untuk melalui babak eliminasi terlebih dahulu untuk menentukan satu tim yang berhak maju ke babak final dan akan menghadapi tim dari universitas lain.

Ketentuan selanjutnya dari babak eliminasi dan final adalah sebagai berikut:

  1. Setiap tim yang berhasil lolos ke babak eliminasi dan final WAJIB untuk bergabung/mengikuti akun social media kami untuk mendapatkan informasi dan melakukan diskusi terkait pelaksanaan perlombaan ini di :
  2. Rangkaian tahapan babak eliminasi akan diadakan mulai tanggal 2-14 Oktober 2017
  3. Rangkaian babak final akan diadakan mulai tanggal 16-29 Oktober 2017
  4. Durasi perlombaan untuk setiap babak:
    • Babak Eliminasi: 5 hari, terdiri dari 3 hari pemetaan/digitasi dan 2 hari validasi
    • Babak Final: 7 hari, terdiri dari 5 hari pemetaan/digitasi dan 2 hari validasi
  5. Waktu pelaksanaan bagi setiap tim untuk mulai memetakan akan diumumkan kemudian melalui akun social media kami
  6. Rangkaian setiap babak (eliminasi dan final) berlangsung kurang lebih selama 2 minggu. Dalam rentang waktu tersebut, para peserta hanya wajib memetakan sesuai dengan durasi perlombaan (5 hari untuk babak eliminasi dan 7 hari untuk babak final)
    • Contoh pelaksanaan babak eliminasi: Waktu digitasi dimulai pada tanggal 3 Oktober, maka peserta wajib memetakan dari tanggal 3-7 Oktober 2017 saja. Adapun sisa waktu pelaksanaan babak eliminasi (8-14 Oktober) akan digunakan untuk penghitungan poin oleh penyelenggara
  7. Tim yang otomatis lolos ke babak final TIDAK PERLU mengikuti babak eliminasi
  8. Pada babak eliminasi, setiap tim dari masing-masing universitas akan dinilai kemampuannya dalam memetakan menggunakan OpenStreetMap
  9. Pada babak eliminasi akan diambil satu tim terbaik untuk mewakili masing-masing universitas maju ke babak final menghadapi tim dari universitas lain
  10. Pada babak final, tim-tim terbaik dari masing-masing universitas akan diadu untuk menjadi tim terbaik dalam kompetisi ini
  11. Setiap tim wajib memetakan menggunakan OpenStreetMap dengan aplikasi Java OpenStreetMap (JOSM) dan fitur Tasking Manager yang akan diinformasikan kemudian
  12. Format perlombaan menggunakan sistem poin (silakan kunjungi openstreetmap.id/battlemap untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem poin)
  13. Untuk informasi lebih lanjut, silakan pantau terus akun social media dan website kami di openstreetmap.id/battlemap/update

“Show your skills through mapping!”