Community MeetUp Mapathon: #Map4PNK #OSM_IDMAPATHON

Pada tanggal 25 Januari 2015, Komunitas OpenStreetMap Indonesia kembali mengadakan temu komunitas bulanan di Kantor HOT Indonesia. Temu komunitas kali ini diisi dengan aktivitas Mapathon dan dihadiri oleh sepuluh orang, termasuk dua perwakilan dari HOT Indonesia. Tidak semua dari OpenStreetMappers yang datang telah memahami cara memetakan di OpenStreetMap, baik menggunakan iDEditor maupun menggunakan JOSM, dengan sigap Ranie Dwi Anugrah (Trainer HOT) pun membantu peserta-peserta tersebut dengan membuat pelatihan singkat tentang OpenStreetMap, iD Editor, dan JOSM.

Khusus untuk Mapathon ini, HOT membuat sebuah tasking di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya. Kota Pontianak dipilih karena saat ini HOT sedang mengadakan sebuah proyek kolaborasi dengan Wikimedia Indonesia dan Making All Voices Count di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Untuk keperluan proyek ini, mahasiswa di kedua provinsi tersebut akan dilatih cara memetakan di OpenStreetMap. Agar wilayah lain di Kalimantan yang berada di luar kedua provinsi tersebut tidak tertinggal dipetakan, maka HOT pun mengakomodir inisiatif salah satu anggota Komunitas OpenStreetMap Indonesia yang juga berasal dari Wikimedia Indonesia, Arief, untuk memetakan Kota Kalimantan yang berada di luar kedua provinsi tersebut. Pontianak dipilih karena kota ini merupakan salah satu kota terpenting di wilayah Kalimantan.

Selama Mapathon, ada beberapa kendala yang harus kami hadapi. Kendala yang pertama cukup klasik, yaitu resolusi citra satelit yang rendah (Bing). Selain itu, tasking OSM yang telah dibuat terasa terlalu besar, karena beberapa orang yang sudah menyatakan kehadiran di halaman MeetUp, ternyata tidak datang. Berdasarkan perkiraan awal, seharusnya ada 14 orang yang datang, tetapi pada akhirnya hanya sepuluh orang yang datang.

Pada akhir mapathon, kami menghitung jumlah map changes yang kami buat. Dengan menggunakan hahstag #OSM_IDMAPATHON dan #Map4PNK, terhitung pada hari tersebut kami telah membuat +35.000 map changes.

Map Changes Mapathon 25 Januari 2015

Siapa yang tidak sabar menunggu MeetUp berikutnya? 🙂

Sindhunata
Sindhunata
Sindhunata is a Communication Specialist in the Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia. He studied Anthropology in Universitas Indonesia.

Comments are closed.