Cara Memperoleh Data OpenStreetMap – HOT Export Tool

Dengan melakukan pemetaan menggunakan OpenStreetMap kita dapat menambahkan, memperbaharui informasi, dan menjaga kualitas data tersebut dari diri kita sendiri, dimana data yang kita upload ke dalam OSM tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi tetapi sangat berguna untuk orang lain terutama di bidang kemanusiaan dan kebencanaan. Hal yang penting adalah kita tidak dapat mengupload data pribadi, data ancaman bencana, dan melakukan analisis di dalam OSM, karena pemetaan dengan OSM hanya untuk menambahkan informasi dari suatu objek. Keterbatasan itu tidak menghalangi kita untuk menggunakan data OSM dengan tujuan analisis di bidang data spasial, Anda dapat mengambil data-data yang sudah di upload ke dalam server OSM secara gratis salah satunya dengan menggunakan situs HOT Export Tool.

Proses mendownload data dapat dilakukan di area yang sudah tersedia data OpenStreetMap dan Anda dapat menggunakan data tersebut misalnya untuk analisis data spasial, menghitung terdampak bencana, dan membuat layout peta. Download data yang dimaksudkan berbeda dengan download data di JOSM, karena mendownload data di JOSM dimaksudkan untuk menambahkan, mengedit, dan meng-upload data OSM. Sedangkan HOT Export Tool digunakan untuk mengambil data yang telah diupload ke dalam server OpenStreetMap. Data – data spasial yang dapat kita peroleh melalui HOT Export Tool terdiri dari Shapefile (.shp), OSM (.pbf), dan MbTiles (.mbtiles).

Kelebihan menggunakan situs ini adalah Anda dapat memilih sendiri area yang akan didownload terutama jika Anda memiliki batas administrasi dalam bentuk .geojson akan mempemudah dalam pemilihan batas area. Selain itu, Anda dapat memilih objek mana saja yang akan didownload yang telah tersedia pada situs ini atau Anda dapat membuat query dengan menggunakan YAML untuk menyaring atribut objek yang sesuai dengan file presets di JOSM.

Berikut langkah-langkah cara mendapatkan data OpenStreetMap :

  • Buka web browser Anda, dan menuju situs HOT Export Tool
  • Sebelum memulai langkah mendownload data OSM, Anda harus login menggunakan akun OSM dengan cara klik Login di sudut kanan atas. Apabila muncul ‘Authorize access to your account’ klik Grant Access. Setelah itu, Anda harus konfirmasi akun dengan klik tautan yang akan dikirimkan oleh HOT Export Tool melalui email.
  • Sekarang Anda sudah login dengan menggunakan akun OSM, kemudian klik Start Exporting untuk memulai proses download data OSM.
  • Kemudian akan muncul form isian dan gambar peta seperti gambar di bawah ini, form isian wajib diisi dan Anda dapat memilih area yang diinginkan pada gambar peta di sebelah kanan.

Form isian untuk Download Data OSM

  • Ada beberapa cara untuk menggambarkan area yang akan dipilih, yaitu :
    • Box = Menggambar area dengan menggunakan kotak. Jika Anda ingin mengulang untuk pembuatan kotak klik tanda X pada kolom Box. 

      Menggunakan Box/Kotak

    • Draw = Menggambar area yang dipilih secara manual 
    • Import = Menggunakan poligon dalam format .geojson untuk memilih area yang akan didownload 
  • Jika sudah menyelesaikan form isian dan menentukan area yang akan di download, pilih menu Format. Pilih data spasial yang Anda inginkan, misalnya shapefile

  • Selanjutnya klik Menu Data, pada bagian ini Anda harus memberikan tanda centang untuk data OSM yang akan didownload sesuai dengan data yang Anda perlukan. Sebagai contoh, jika kita akan mendownload data bangunan dan jalan, berikan tanda centang pada Buildings dan Transportation > Roads

  • Langkah terakhir, Anda harus memilih apakah file export ini akan di publikasikan kepada umum atau hanya ada pada akun Anda. Kemudian klik Create Export untuk memulai proses export data OSM.

  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika file export Anda sudah selesai, HOT Export akan memberikan pemberitahuan melalui email, atau Anda dapat melihat hasilnya di Menu Export.  
  • Jika proses sudah selesai akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, klik nama file.shp.zip untuk menyimpan hasil export data OSM. 
  • Selamat sekarang Anda telah berhasil mendownload data OpenStreetMap dan dapat dibuka di software pemetaan seperti QGIS, dan lainnya.
Dewi Sulistioningrum
Dewi Sulistioningrum
I graduated from Geography Department at the University of Indonesia. I like mapping, travelling and watching movies. I am very eager to join as Trainer of Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia.

Comments are closed.