Bagaimana cara mendownload data OpenStreetMap?

Selama ini mungkin kita sering mendengar bagaimana cara berkontribusi ke OpenStreetMap (OSM) menggunakan iD editor maupun JOSM. Lalu bagaimana jika kita ingin mengunduh (download) data OSM? Berikut beberapa cara melakukannya sesuai dengan kebutuhan data kita.

  1. Mengunduh data OSM seluruh dunia. Adanya lisensi ODbL memungkinkan kita untuk mengunduh keseluruhan data OSM melalui website planet.osm.org. Saat artikel ini ditulis total ukuran file data OSM seluruh dunia mencapai 36GB. Format file yang disediakan adalah OSM XML yang terkompresi. Jika anda ingin memperbarui data ini, anda tidak perlu mengunduh ulang keseluruhan file, melainkan cukup mengunduh perubahan mingguan (weekly changeset) yang besarnya kurang lebih 800MB.
  2. Mengunduh data OSM untuk satu negara. Jika anda hanya ingin mengunduh data OSM spesifik untuk negara tertentu, salah satu yang direkomendasikan adalah lewat Geofabrik. Sebagai contoh anda dapat mengunduh data OSM khusus untuk Indonesia melalui halaman Geofabrik untuk Asia. Disini tersedia beberapa pilihan format file, yaitu PBF, OSM XML dan Shapefile. Sebagai gambaran, data shapefile untuk Indonesia yang terkompresi berukuran sekitar 200MB.
  3. Mengunduh data OSM untuk satu area tertentu. Jika satu negara masih terlalu besar cakupannya untuk kebutuhan anda, maka terdapat alternatif untuk mengunduh data OSM berdasarkan pilihan area. HOT Exports merupakan piranti yang tepat untuk ini. Yang perlu anda lakukan adalah membuat akun baru berhubung akun HOT Exports berbeda dengan akun OSM. Setelah login, anda dapat membuat satu Job baru dan memilih area yang anda ingin unduh. Namun hasilnya tidak bisa diunduh secara instan, berhubung job yang anda buat akan masuk ke dalam antrian server untuk diproses. Semakin besar area yang anda pilih maka proses ekstraksi datanya juga akan memakan waktu yang lebih lama. Setelah diproses anda dapat mengunduh data anda dalam 7 pilihan format yang tersedia, seperti shapefile, KMZ, dan SQLlite.
  4. Mengunduh satu tipe obyek tertentu dari OSM di dalam satu area. Jika Anda hanya membutuhkan satu objek didalam data OSM, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan situs Overpass Turbo. Misalkan Anda hanya membutuhkan obyek sekolah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Cara mendownload data OpenStreetMap dengan menggunakan overpass turbo yaitu :
  • Buka web browser Anda, dan ketikkan http://overpass-turbo.eu/
  • Anda dapat memulai melakukan pencarian lokasi yang ingin Anda download pada Slippy Map OpenStreetMap yang terletak di sebelah kanan. Anda dapat menggeser dan memperbesar peta dengan tanda (+) dan memperkecil peta dengan tanda (-). Anda dapat melakukan pencarian secara langsung dengan mengetikkan di kotak pencarian seperti dibawah ini, misalnya Jakarta . Akan muncul beberapa wilayah yang terkait dengan Jakarta, Anda dapat memilih yang sesuai dengan wilayah yang ingin Anda download.
1

Kotak Pencarian pada Overpass Turbo

  • Jika Anda tidak ingin mendownload data OpenStreetMap di seluruh Jakarta, Anda dapat memperkecil wilayahnya dan menggambar batas wilayah yang akan didownload dengan klik “manually select box” pada toolbar disebelah kiri peta. Gambar kotak yang Anda sesuaikan dengan wilayah tersebut.

9

  • Selanjutnya untuk mendownload data OSM berdasarkan satu objek misalnya sekolah, Anda klik Menu Wizard. Pada menu Wizard, Anda dapat menyaring data dengan menggunakan Query JOSN, secara sederhana dapat berupa tags yang terdiri dari Key dan Value pada objek tersebut, misalnya sekolah maka tuliskan pada kolom wizard amenity=school , selengkapnya mengenai tags pada objek OSM dapat Anda lihat di Map Feature. Jika Anda memahami Query JOSN, Anda dapat menyaring objek lebih detail misalnya dengan menambahkan jenis data objek yang terdiri dari titik, garis, dan poligon menjadi amenity=school and type:node. Untuk memulai menyaring data Anda klik Menu Wizard dan pada kotak dialog Query Wizard ketikkan amenity=school.
Query Wizard

Query Wizard

  • Klik Build and run query, tunggu beberapa menit hingga muncul objek sekolah yang terpilih di wilayah tersebut, seperti gambar dibawah ini akan tampil keseluruhan objek sekolah dengan semua tipe data yang ada di OSM.
3

Tampilan Objek Sekolah yang akan di Download

  •  Jika Anda hanya menginginkan tipe data dalam bentuk titik/node. Anda dapat mengedit didalam kotak Query disebelah kiri caranya  hapus school dengan type way dan relation, kemudian klik Menu Run yang terletak di kiri atas. Hasilnya objek sekolah dengan tipe data titik yang akan tersaring. Anda juga dapat menambahkan query lebih detail yang lainnya dalam kotak tersebut dan klik Run.
8

Query lebih Detail

 

  • Untuk mendownload data sekolah tersebut Anda dapat klik Menu Export, ada beberapa format data yang bisa Anda pilih seperti geoJSON, GPX, KML, format .osm, dll. Jika Anda tidak familiar dengan geoJOSN, Anda dapat memilih level0 untuk mendownload format data .osm yang nantinya dapat Anda olah dengan menggunakan QGIS.
Format Data Hasil Download Overpass Turbo

Format Data Hasil Download Overpass Turbo

  • Klik level 0 dan pilih repair query hingga muncul link baru seperti dibawah ini, kemudian klik download osm. Anda dapat simpan file tersebut dalam direktori komputer yang Anda tentukan. Jika Anda ingin mengedit dan melihat data sekolah dapat dibuka melalui JOSM, tetapi Anda tidak boleh upload langsung dari hasil download melalui overpass turbo. Hal ini dikarenakan Anda hanya mendownload satu objek didalam OpenStreetMap.
5

Level 0

 

1 Comment

  1. wogh… mantab .. mantab mantab article nya.. thanks bro (y)