Apa itu InaSAFE?

InaSAFE adalah perangkat lunak bebas-terbuka berupa plugin QGIS, merupakan alat sederhana namun akurat dalam menggabungkan data dari peneliti, pemerintah daerah, serta komunitas lokal untuk menciptakan prakiraan dampak dan strategi penanggulangan saat terjadi bencana alam.

InaSAFE pertama kali digagas dan dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (Department of Foreign Affairs and Trade) – Australian Aid, melalui Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) dan Bank Dunia – Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (World Bank-GFDRR).

Indonesian Scenario Assessment for Emergencies (InaSAFE) merupakan proyek software bebas terbuka atau Free and Open Source Software (FOSS) sehingga dipublikasikan dengan lisensi GPL V3. Siapa pun dapat mengunduh, membagikan, dan memodifikasi perangkat lunak ini.

Menginstal dan Menggunakan InaSAFE

InaSAFE merupakan plugin QGIS yang dapat bekerja pada sistem OSX, Windows dan Linux. Anda dapat mengunduh QGIS secara gratis pada halaman ini: download.qgis.org

Setelah QGIS terinstal, Anda dapat menginstal dan menggunakan InaSAFE dengan mengikuti 8 langkah mudah, sebagai berikut:

1. Plugins -> Fetch Python Plugins

2. Ketik InaSAFE dalam kolom Filter.

3. Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan InaSAFE plugin.

4. Klik tombol Install/upgrade plugin.

5. Tutup plugin manager dan InaSAFE akan terinstal dan siap untuk digunakan.

6. Tonton film tutorial pengenalan InaSAFE sebagai langkah awal penggunaan InaSAFE di sini: http://www.youtube.com/embed/YGyd3YC1hy4.

7. Ikuti tutorial pembelajaran InaSAFE yang disediakan pada bagian ini: http://inasafe.org/en/training/socialisation/index.html.

8. Unduh testdata apa saja yang dapat ditemukan di sini http://data.inasafe.org.

Sudah siap menggunakan InaSAFE? Silahkan download QGIS di sini: download.qgis.org dan lihat lebih lanjut penggunaan InaSAFE di sini: http://inasafe.org.

Anda juga dapat mengikuti perkembangan seputar InaSAFE dengan menekan tombol suka pada halaman facebook berikut: https://www.facebook.com/inasafe

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=YGyd3YC1hy4[/youtube]