OpenStreetMap adalah proyek web untuk membuat peta dunia yang bebas dan terbuka, dibangun sepenuhnya oleh sukarelawan yang melakukan survei dengan GPS, digitasi citra satelit, dan mengumpulkan dan membebaskan sumber data geografis publik yang ada. Website ini ditujukan untuk Komunitas OpenStreetMap Indonesia. Bergabung dengan kami untuk membantu memetakan Indonesia!

P a r t n e r

Humanitarian OpenStreetMap Team

Kunjungi hereuntuk mendapatkan sinopsis kerja HOT di Indonesia. Gratis, peta kolaboratif secara unik sangat berharga bagi kegiatan kemanusiaan, terutama di tempat-tempat dimana data peta dasar seringkali langka, kadaluarsa, atau tidak dapat megikuti perubahaan yang cepat. Telah berkolaborasi informal selama empat tahun, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) adalah inisiatif baru untuk menerapkan prinsip-prinsip dan kegiatan sumber terbuka dan data terbuka yang dapat dibagikan untuk respon kemanusiaan dan pembangunan ekonomi.

Disaster Management Innovation (dahulunya AIFDR)

Disaster Management Innovation adalah investasi bantuan Pemerintah Australia yang baru diberikan oleh Geoscience Australia di Indonesia. DMInnovation dibangun di atas keberhasilan Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) yang merupakan inisiatif bersama antara pemerintah Australia dan Indonesia. AIFDR diluncurkan oleh Pemerintah Australia dan Indonesia pada sebuah perayaan khusus pada tanggal 15 Juli 2010 dan secara resmi ditutup pada bulan Agustus 2015. DMInnovation akan mempertahankan program bantuan teknis ilmiah yang dibawa dalam kemitraan antara lembaga ilmu pengetahuan Indonesia dan Geoscience Australia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana adalah lembaga pemerintah setingkat menteri non-departemen, bertugas memberikan bimbingan dan arahan kepada upaya penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara. Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebagai pembuat kebijakan dan perumus dan manajemen pengungsi (IDP) memiliki fungsi untuk bertindak cepat dan tepat dan efektif dan efisien; dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh.

Australian Community Development and Strengthening Scheme

The Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS) adalah sebuah inisiatif dari Pemerintah Australia dan Indonesia melalui Australian Agency for International Development (AusAID). ACCESS telah beroperasi sejak tahun 2002, dengan Tahap kedua dimulai pada Mei 2008 untuk jangka waktu lima tahun. ACCESS Phase II dibangun di atas keberhasilan ACCESS Tahap I dan menekankan pentingnya membangun permintaan untuk pemerintahan yang lebih baik dan membangun kapasitas masyarakat lokal dan organisasi masyarakat sipil.

P e n d u k u n g

Global Facility for Disaster Reduction and Recovery

Didirikan pada tahun 2006,Global Facility for Disaster Reduction and Recovery (GFDRR) merupakan kemitraan 39 negara dan 8 organisasi internasional berkomitmen untuk membantu negara-negara berkembang mengurangi kerentanan mereka terhadap bencana alam dan beradaptasi dengan perubahan iklim. Misi kemitraan adalah untuk pengurangan risiko bencana (PRB) dan adaptasi perubahan iklim (CCA) dalam strategi pembangunan negara dengan mendukung negara yang dipimpin dan mengelola implementasi akan Hyogo Framework for Action (HFA). Partnership Charter GFDRR, yang direvisi pada bulan April 2010, menetapkan misi, pemikiran, dan struktur tata kelola aslinya.